...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN YULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI METODE UMMI KELAS REMAJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARTIL PESERTA DIDIK DI MTs YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM PANJENG JENANGAN

Anggraita, Putri Nadia (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN YULISAN BERMATERAI, UPLOAD ULANG)...IMPLEMENTASI METODE UMMI KELAS REMAJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TARTIL PESERTA DIDIK DI MTs YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM PANJENG JENANGAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190226_Putri Nadia Anggraita_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kalam Allah SWT yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi pedoman bagi ummat manusia. Oleh karena itu kita harus belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah membacanya. Dalam kasus membaca Al-Qur’an misalnya, banyak siswa yang hanya mampu membaca saja, akan tetapi mereka belum mengerti atau mengetahui cara membaca yang benar. Di MTs YPI Panjeng ini mempunyai daya tarik pembelajaran Al-Qur’an metode ummi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Menjelaskan dan mendeskripsikan implementasi metode ummi kelas remaja dalam meningkatkan kemampuan tartil peserta didik MTs YPI Panjeng Jenangan,(2)Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi kelas remaja dalam meningkatkan kemampuan tartil peserta didik MTs YPI Panjeng Jenangan,(3)Mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa terhadap implementasi metode Ummi kelas remaja dalam meningkatkan kemampuan tartil peserta didik MTs YPI Panjeng Jenangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)Implementasi metode Ummi di MTs YPI Panjeng berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan-aturan yang ada pada metode Ummi. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Ummi di MTs YPI Panjeng faktor pendukung dari terlaksananya metode Ummi yaitu dari good will management dari madrasah.Juga semua guru di MTs YPI Panjeng sudah bersertifikasi Al-Qur’an metode Ummi dan sudah mengikuti tashih. Faktor penghambatnya adalah siswa yang sering izin mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler sehingga siswa ketinggalan materi.Dari segi guru faktor penghambatnya adalah guru yang izin dan guru keaktifannya kurang dari segi kualitas bacaan guru. (3) Respon siswa terhadap implementasi metode Ummi dengan adanya diterapkan metode ummi, mudah difahami karena guru ummi memegang motto yaitu mudah, menyenangkan, menyentuh hati. Ditambah lagi dengan pemberian motivasi setiap akhir pembelajaran juga memengaruhi semangat dari peserta didik.
Kata kunci: Metode Ummi, Remaja, Al-Qur’an, Tartil

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:29
Last Modified: 22 Jun 2023 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25059

Actions (login required)

View Item View Item