Pengaruh Manajemen Kesantrian Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Kinerja Organisasi Santri Putri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo

Lestari, Puji (2023) Pengaruh Manajemen Kesantrian Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Kinerja Organisasi Santri Putri Di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190107_PUJI LESTARI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lestari, Puji. 2023. Pengaruh Manajemen Kesantrian dan Lingkungan Pesantren Terhadap Kinerja Organisasi Santri Putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo. Skripsi. Jurusan Manajamen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd

Kata Kunci: Manajemen Kesantrian, Lingkungan Pesantren, Kinerja Organisasi

Manajemen kesantrian merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aspek aktivitas yang berkaitan dengan santri, yaitu dari mulai masuknya sampai keluarnya santri tersebut dari suatu lembaga pendidikan. Adapun juga manajemen kesantrian adalah suatu proses yang khas terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya agar berjalan dengan efektif dan efesien. Sedangkan lingkungan pesantren merupakan faktor utama dalam pencapaian pembelajaran, karena pada dasarnya lingkungan memiliki pengaruh terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan, dan juga sebagai sarana berhasil atau tidaknya kegiatan tersebut. Kemudian kinerja organisasi merupakan sebuah tingkat pencapaian suatu tim atau individu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan yang telah ada.
Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui signifkansi pengaruh manajemen kesantrian terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, (2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan pesantrren terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, (3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh manajemen kesantrian dan lingkungan pesantren terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik dengan cara menyebar angket dan dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan oleh peneliti. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Sampel jenuh adalah teknik sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo yang berjumlah 25 anggota santri putri. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui apakah variabel bebas yang ada dalam model mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat menggunakan regresi linier sederhana, dan teknik analisi data untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh manajemen kesantrian (X1) dan lingkungan pesantren (X2) terhadap kinerja organisasi santri putri (Y) menggunakan regresi linier berganda dengan 2 variabel bebas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen kesantrian mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, dengan persentase sebesar 42,6%. 2) lingkungan pesantren mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, dengan persentase 39,8%. 3) manajemen kesantrian dan lingkungan pesantren secara bersama-sama mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja organisasi santri putri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo, dengan persentase sebesar 41,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:27
Last Modified: 22 Jun 2023 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25055

Actions (login required)

View Item View Item