Implementasi Manajeman Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Program Keterampilan Siswa di MAN 2 Kabupaten Madiun

Janah, Siti Nur (2023) Implementasi Manajeman Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Program Keterampilan Siswa di MAN 2 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190069 SITI NUR JANAH MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Janah, Siti Nur. 2023. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Program Keterampilan di MAN 2 Kab. Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Athok Fua’di, M. Pd.
Kata Kunci : Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Keterampilan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya terobosan baru dari pemerintah terkait program keterampilan di Madrasah Aliyah berdasarkan SK dirjen pendis nomor 2851 tahun 2020. Sehingga dalam program ini MAN 2 Kab. Madiun menerapkan program keterampilan untuk siswa.
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) orientasi dan penempatan sumber daya manusia pada program keterampilan siswa (2) pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia pada program keterampilan siswa (3) implikasi dari implementasi manajemen sumber daya manusia pada program keterampilan siswa di MAN 2 Kab. Madiun
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teori dari Milles Huberment dan Saldana dimana terdapat pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan 2 pendekatan yaitu pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian, menggunakan pendekatan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orientasi dan penempatan SDM pada program keterampilan siswa sudah baik dengan diidentifikasikan adanya Kepala Madrasah sebagai penanggung jawab, Waka Kurikulum sebagai koordinatoor program, ketua program keterampilan diambil dari guru yang memiliki keahlian di bidang program keterampilan tersebut serta dibantu oleh guru tehnik dari luar. (2) Pengembangan dan pelatihan SDM pada program keterampilan siswa sudah baik dengan diidentifikasikan dilaksanakannya pembelajaran setiap seminggu sekali sesuai dengan program keterampilan yang dipilih dan dibimbing oleh ketua program keterampilan serta guru tekhnik dari luar selama 6 jam pembelajaran. Selain itu, juga melaksanakan pelatihan di luar selama 40 Hari untuk kelas 11 dan rencana magang untuk kelas 12 setiap semester di Dunia Usaha Dunia Industri dan Balai Latihan Kerja. (3) implikasi dari implementasi manajemen SDM pada program keterampilan siswa membawa dampak positif contohnya dimana peserta didik yang sebelumnya tidak memiliki skill atau kemampuan pada bidang tertentu sekarang lebih terarah untuk menekuni skill keterampilan tertentu seperti di bidang tata busana dapat melakukan pembuatan pakaian sendiri hal tersebut dapat diidentifikasi bahwa peserta didik memiliki tambahan skill untuk dapat bersaing pada lembaga pendidikan selanjutnya atau dengan dunia kerja pada saat lulus nanti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:26
Last Modified: 22 Jun 2023 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item