Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 6 Ponorogo

Nazihah, Khoirun (2023) Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190095_Khoirun Nazihah_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nazihah, Khoirun. 2023. Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Akademik Peserta Didik di MTsN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma'rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Manajerial, kepala sekolah, prestasi akademik peserta didik.
Lembaga pendidikan sebagai wadah dalam mencetak generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas memerlukan seorang pemimpin yang mampu mengelola setiap kegiatan secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam satuan lembaga pendidikan, memiliki peran penting dalam pelaksanaan fungsi manajerial sehingga mampu memberikan bimbingan, pengarahan dan motivasi untuk mencapai peningkatan prestasi peserta didik secara baik. Berbagai prestasi akademik peserta didik yang diperoleh diharapkan dapat menjadi branding menuju lembaga pendidikan unggul dan pilihan.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis fungsi manajemen yang mencakup (1) Perencanaan (Planning), (2) Pengorganisasian (Organizing), (3) Penggerakan (Actuating), (4) Pengawasan (Controlling), dan (5) Implikasi peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatan prestasi akdemik peserta didik di MTsN 6 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara mendalam (in-depth interview), observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bagian Kurikulum, Wakil Kepala Bagian Kesiswaan, Kepala Tata Usaha, Kepala Bidang BK, Pembimbing Akademik dan Peserta Didik. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi. Sedangkan, tahapan penelitian yang dilakukan terdiri atas tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatan prestasi akademik peserta didik di MTsN 6 Ponorogo sesuai dengan fungsi manajemen POAC, dengan tahapan (1). Perencanaan. Tahap perencanaan dilakukan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah melalui proses penyusunan program, PPDB (regular dan prestasi), diagnostic tes untuk menentukan potensi calon peserta didik, pengelompokan serta pengadaan pembinaan khusus. Program peningkatan prestasi akademik yang dimiliki diantaranya program kelas bina prestasi, Camp Bahasa, Class Meeting, dan kegiatan ASIC 2023 (Art, Sains Islamic Competition 2023). (2). Pengorganisasian. Pada tahap pengorganisasian kepala sekolah menentukan pihak yang terlibat baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan beserta penentuan tugas yang dilaksanakan. (3). Pelaksanaan. Tahap pelaksanaan telah dimulai sejak hasil diagnostic tes keluar, kemudian pengelompokkan sesuai dengan potensi peserta didik, pembinaan rutin satu minggu sekali, try out rutin stimulus persiapan event, kemudian menjelang event perlombaan OSN sekolah melaksanakan seleksi administrasi dan potensi, serta pembinaan khusus pra event hingga event berlangsung. (4). Pengawasan. Tahap pengawasan sekaligus evaluasi program peningkatan prestasi akademik dilakukan pada dua kegiatan yakni saat persiapan event berlangsung dan pasca event. Pada tahap ini diadakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi agar siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. (5). Implikasi peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatan prestasi akademik peserta didik dapat dilihat dari berbagai prestasi yang diperoleh diantaranya Top Five cabang IPA Olimpiade Sains Nasional Kabupaten Ponorogo tahun 2022, Juara 1 Matematika One Competition SMA MUHIPO 2021, hingga menjadi 10 sekolah tingkat SMP terbaik se-Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:25
Last Modified: 22 Jun 2023 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item