KONSEP IBADAH DALAM SURAT ADZ-DZĀRIYĀT AYAT 56 MENURUT TAFSIR IBNU KATSIR DAN RELEVANSINYA PADA MATERI AL-QURAN HADIS KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH

ATMOJO, NUR SETYO EKO (2023) KONSEP IBADAH DALAM SURAT ADZ-DZĀRIYĀT AYAT 56 MENURUT TAFSIR IBNU KATSIR DAN RELEVANSINYA PADA MATERI AL-QURAN HADIS KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210316110_NUR SETYO EKO ATMOJO_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (940kB)

Abstract

ABSTRAK
Atmojo, Nur Setyo Eko. 2023. Konsep Ibadah dalam Surat Adz-Dzāriyāt ayat 56 Menurut Tafsir Ibnu Katsir dan Relevansinya pada Materi Al-Quran Hadis kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd. I
Kata Kunci : Ibadah, surat Adz-Dzāriyāt ayat 56, tafsir ibnu katsir dan materi Al-Quran Hadis kelas VIII
Allah menciptakan jin dan manusia tujuannya tak lain adalah untuk beribadah kepada-Nya. Hal ini telah tertulis pada Al-Quran surat Adz-Dzāriyāt ayat 56 yang artinya “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku”. Pada tafsir Ibnu Katsir telah dijelaskan bahwa Allah menyuruh makhluknya menyembah kepada-Nya bukan berarti Dia membutuhkan makhluk tetapi justru makhluk lah yang membutuhkan-Nya.
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui konsep ibadah dalam Al-Quran surat Adz-Dzāriyāt ayat 56 menurut Tafsir Ibnu katsir dan relevansinya dengan materi Al-Quran hadis kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yang kemudian dianalisis sesuai dengan prosedur-prosedur pengumpulan data seperti: editing, organizing, dan verification. Serta mengkaji surat Adz-Dzāriyāt ayat 56 dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir, kemudian di relevansikan pada materi Al-Quran Hadis kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep ibadah menurut tafsir Ibnu katsir ini telah relevan dengan materi Al-Quran hadis kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Relevansinya terletak pada: materi tentang infaq dan shadaqah secara ikhlas, materi menguatkan iman melalui amal shaleh dengan benar dan ikhlas, materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat melalui usaha dan ibadah. Adapun salah satu materi yang tidak terpaparkan pada tafsir Ibnu katsir Q.S. Adz-Zāriyat ayat 56 yakni pada materi: membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid. Karena pada tafsir Ibnu Katsir Q.S. Adz-Dzāriyāt ayat 56 banyak sekali menjelaskan tentang konsep ibadah mulai dari pemaparan para ulama’, ayat Al-Quran, dan hadis Nabi. akan tetapi di sini tidak ada satupun yang menjelaskan tentang materi tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHARISUL WATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:24
Last Modified: 22 Jun 2023 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25048

Actions (login required)

View Item View Item