MANAJEMEN PROGRAM OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN KELAS PERCEPATAN DI MTsN 2 PONOROGO

Janah, Nada Alcholifatul (2023) MANAJEMEN PROGRAM OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN KELAS PERCEPATAN DI MTsN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
20619059_NADA ALCHOLIFATUL JANAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelas percepatan merupakan wadah pendidikan bagi siswa berprestsi yang dikenal dengan metode pembelajaran yang lebih cepat dari kelas lainnya. Proses pembelajaran kelas menggunakan metode percepatan. Hal ini menyebabkan berbagai permasalahan pada proses pembelajaran. Tujuan diadakannya outdoor learning ini untuk membantu pengatasi permasalahan di kelas percepatan. Kegiatan program outdoor learning ini dapat memberikan suasana baru yang dapat membuat mereka lebih senang untuk belajar sehingga pembelajaran berlangsung dengan dinamis dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kegiatan program outdoor learning dapat membantu menunjang peningkatan mutu pembelajaran dikarenakan hasil belajar outdoor learning ini sesuai dengan indikator mutu pembelajaran, yaitu melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, membantu meningkatkan rasa percaya diri pada siswa, memberikan motivasi dan rasa semangat dalam belajar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan program outdoor learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran kelas percepatan di MTsN 2 Ponorogo; (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan program outdoor learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran kelas percepatan di MTsN 2 Ponorogo; (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi program outdoor learning dalam meningkatkan mutu pembelajaran kelas percepatan di MTsN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis yang digunakan yaitu Miles, Huber dan Salda dengan pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penyusunan kegiatan outdoor learning di MTsN 2 Ponorogo yaitu; pertama, menentukan tujuan pembelajaran. Kedua, menentukan materi dan objek pembelajaran. Ketiga, pemilihan tempat yang sesuai dengan materi pembelajaran; (2) Pelaksanaan kegiatan program outdoor learning kelas percepatan di MTsN 2 Ponorogo memiliki tahapan proses pelaksanaan yaitu: pertama, insiasi atau persetujuan pelaksanaan program. Kedua, pengembangan perencanaan yang lebih detail. Ketiga, eksekusi atau pelaksanaan perencanaan. Keempat, pamantauan dan pengendalian dan kelima, penutup dan manfaat hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran; (3) Evaluasi program outdoor learning dilaksanakan melalui rapat dinas bersama kepala madrasah untuk menilai; pertama, penilaian tempat pelaksanaan kegiatan program outdoor learning. Kedua, hasil dari dampak pelaksanaan kegiaan program outdoor learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:20
Last Modified: 22 Jun 2023 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item View Item