Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Control terhadap Perilaku Menyontek Siswa MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal

Widyasari, Shelanita Putri (2023) Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Control terhadap Perilaku Menyontek Siswa MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190256 Shelanita Putri Widyasari PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Widyasari, Shelanita Putri. 2023. Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Control
terhadap Perilaku Menyontek Siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali,
M.Pd.
Kata Kunci: Self-Efficacy, Self-Control, Perilaku Menyontek
Perilaku menyontek merupakan perbuatan curang yang dilakukan oleh siswa
pada saat ujian berlangsung untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Maraknya
perilaku menyontek di kalangan siswa perlu adanya upaya untuk mengatasinya
melalui faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi perilaku menyontek.
Beberapa faktor internal yang dapat mempengaruhi perilaku menyontek siswa,
yaitu self-efficacy dan self-control yang rendah.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh self-
efficacy terhadap perilaku menyontek siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal; (2)
pengaruh self-control terhadap perilaku menyontek siswa MA Ma’arif Al-Ishlah
Bungkal; dan (3) pengaruh self-efficacy dan self-control terhadap perilaku
menyontek siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian ex post facto korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui angket
dengan jumlah responden sebanyak populasi yang ada yaitu 60 responden. Adapun
analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier
berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa: (1) self-efficacy
secara signifikan berpengaruh sebesar 25% dalam menurunkan perilaku menyontek
siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal; (2) self-control secara signifikan
berpengaruh sebesar 63,2% dalam mengurangi perilaku menyontek siswa MA
Ma’arif Al-Ishlah Bungkal; (3) self-efficacy dan self-control secara signifikan
berpengaruh sebesar 63,4% dalam mengurangi perilaku menyontek siswa MA
Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:17
Last Modified: 22 Jun 2023 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item