PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI DAN NILAI-NILAI UBUDIYAH PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WAJIB MUKIM DI MTS MA'ARIF AL-MUKARROM KAUMAN PONOROGO

Manto, Kiki (2023) PEMBINAAN KARAKTER MANDIRI DAN NILAI-NILAI UBUDIYAH PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM WAJIB MUKIM DI MTS MA'ARIF AL-MUKARROM KAUMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190390_Kiki Rada Bayu Y.M_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Mukarrom merupakan Lembaga
Pendidikan Islam yang dinaungi oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Ponorogo.
Dalam usaha meningkatkan kualitas peserta didik maka perlu adanya pembinaan
karakter mandiri dan nilai-nilai ubudiyah agar dapat menjadi bekal untuk kehidupan
di masa mendatang serta adanya kebutuhan dari lembaga formal yaitu Madrasah
Tsanawiyah Ma’rif Al-Mukarrom maka dibentuklah suatu program yang dijadikan
program unggulan yaitu Program Wajib Mukim yang harus diikuti oleh semua
peserta didik, yang mana dengan adanya program ini diharapkan mampu menjawab
segala tantangan dan problematikta yang belum bisa dihadapi oleh madrasah
formal. Selain itu juga untuk mengimbangi adanya perkembangan dunia global
yang menuntut setiap lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dan berbenah
diri untuk menjaga dari lembaga tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
pelaksanaan pembinaan karakter mandiri dan nilai-nilai ubudiyah melalui program
wajib mukim di MTs Ma’arif AL Mukarrom Kauman Ponorogo. (2) Untuk
mendeskripsikan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program
wajib mukim di MTs Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. (3) Untuk
mendeskrisikan bagaimana implikasi Program Wajib Mukim pada dimensi karakter
mandiri dan nilai-nilai ubudiyah peserta didik di Mts Ma’arif Al-Mukarrom
Kauman Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus.
Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Dengan langkah-langkah
meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian dihasilkan penemuan-penemuan sebagai berikut: (1)
Pelaksanaan pembinaan karakter mandiri dan nilai-nilai ubudiyah peserta didik
melalui program wajib mukim dibagi 3 tahapan yaitu: kegiatan harian,mingguan
dan bulananan . (2) Faktor pendukung adanya kegiatan ini adalah para ustad dan
ustadzah yang selalu support satu sama lain,uswah yang baik dari para dewan guru
dan pengurus, orang tua.Sedangkan factor penghambat yaitu pengeloan, kurangnya
SDM pengurus,dan pendanaan (3) Implikasi dari program wajib mukim pada
dimensi karakter mandiri dan nilai-nilai ubudiyah dapak dilihat dari kebiasaan
peserta didik yaitu sholat berjamaah lima waktu tanpa perlu disuruh, berwudlu
sebelum belajar,dan disiplin disetiap kegiatan yang ada disekolah maupun pondok
pesantren Al-Mukarrom.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:13
Last Modified: 22 Jun 2023 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item