Penanaman Nilai-Nilai Karakter sebagai Upaya Antisipasi terhadap Dekadensi Moral Siswa Kelas IV dan V MI MA'ARIF Patihan Wetan

Istiqomah, Afifah (2023) Penanaman Nilai-Nilai Karakter sebagai Upaya Antisipasi terhadap Dekadensi Moral Siswa Kelas IV dan V MI MA'ARIF Patihan Wetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI AFIFAH ISTIQOMAH E-Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Istiqomah, Afifah, 2022. Penanaman Nilai-Nilai Karakter sebagai Upaya Antisipasi terhadap Dekadensi Moral Siswa Kelas IV dan V MI Ma’arif Patihan Wetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd.I

Kata Kunci: Nilai, Karakter, Dekadensi Moral

Penanaman nilai-nilai karakter menjadi hal yang penting dilakukan dalam rangka antisipasi dekadensi moral di Madrasah Ibtidaiyah. Karakter merupakan hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, sehingga perlu ditanamkan sejak usia dini. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan karakter di sekolah, termasuk di Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga Islam. Madrasah Ibtidaiyah perlu mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum dan lingkungan pembelajaran untuk menciptakan siswa yang berintegritas, memiliki tanggung jawab, dan berakhlak mulia. Untuk menanamkan nilai-nilai karakter melalui beberapa kegiatan. Diantaranya adalah Salat Duha, Salat Zuhur, nadzoman asmaul husna, muroja’ah al-qur’an, tahfidz. Penelitian ini mengarah pada penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan pembiasaan di MI Ma’arif Patihan Wetan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai karakter kelas IV dan V MI Ma’arif Patihan Wetan, (2) Untuk mendeskripsikan hasil penanaman nilai- nilai karakter kelas IV dan V MI Ma’arif Patihan Wetan, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter sebagai antisipasi dekadensi moral kelas IV dan V MI Ma’arif Patihan Wetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di MI Ma’arif Patihan Wetan. data peneliti menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik data dalam penelitian ini menggunakan teknik Milles, Huberman dan Saldana melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan kegiatan penanaman nilai nilai karakter di MI Ma’arif Patihan Wetan yaitu setiap harinya melaksanakan Salat Duha, Salat Zuhur, nadzoman asmaul husna, muroja’ah al-qur’an, dan tahfidz. (2) Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan pembiasaan di MI Ma’arif Patihan Wetan antara lain nilai religius, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai cinta tanah air, nilai peduli lingkungan. (3) faktor pendukung untuk penanaman nilai-nilai karakter adalah diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Faktor penghambat dari penanaman nilai karakter adalah kurangnya kesadaran diri anak, faktor keluarga, perkembangan teknologi dan dekadensi moral. Dapat diketahui bahwa sangat penting penanaman nilai-nilai karakter pada diri siswa dalam mengantisipasi hal tersebut. Karena karakter menuntun manusia pada nilai-nilai kehormatan dan perdamaian dan saling menghormati

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:09
Last Modified: 22 Jun 2023 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25035

Actions (login required)

View Item View Item