..(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Penerapan Sistem Point Dalam Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Madiun

Juhri, Usnaful (2023) ..(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Penerapan Sistem Point Dalam Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PENERAPAN SISTEM POINT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 3 MADIUN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dalam mustika hidup manusia. Orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial adalah mereka yang memiliki akhlak, moral, budi pekerti, tanggung jawab dan mandiri. Penerapan sistem point perlu ditegakkan untuk membatasi tingkah laku seseorang sehingga tidak berlebihan yang akan mengakibatkan dapat mengganggu lingkungan belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan sistem point dalam meningkatkan perilaku tanggung jawab siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan untuk mendeskripsikan hasil penerapan sistem point dalam meningkatkan perilaku tanggung jawab siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penerapan tata tertib sistem point yang dilakukan sudah cukup baik dengan melibatkan semua pihak sekolah, perencanaan, sosialisasi dan evaluasi yang dilakukan melalui rapat dan workshop. Dengan adanya sistem point ini akan memudahkan guru untuk memberikan hukuman, membuat siswa jera untuk melakukan pelanggaran, siswa menjadi lebih disiplin, memotivasi siswa karena adanya sistem poin plus yang bisa siswa dapatkan ketika berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik dan juga mendapatkan reward sesuai yang tercantum dalam buku tata tertib.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:08
Last Modified: 22 Jun 2023 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item View Item