...(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI AKHLAK DAN KECINTAAN TERHADAP RASULULLAH SAW DALAM KITAB MAULID SIMṬU AL-DURAR KARANGAN HABIB ALĪ BIN MUḤAMMAD BIN ḤUSEIN AL-ḤABSYĪ

Yohan, Richi (2023) ...(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...NILAI-NILAI AKHLAK DAN KECINTAAN TERHADAP RASULULLAH SAW DALAM KITAB MAULID SIMṬU AL-DURAR KARANGAN HABIB ALĪ BIN MUḤAMMAD BIN ḤUSEIN AL-ḤABSYĪ. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Nilai-Nilai Akhlak Dan Kecintaan Terhadap Rasulullah Saw Dalam Kitab Maulid Simṭu Al-Durar Karangan Habib Alī bin Muḥammad bin Ḥusein Al-Ḥabsyī.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kehidupan akhlak merupakan hal yang penting dan harus selalu diperhatikan manusia. Hidup akan lebih tertata apabila kita dapat menjalankan akhlak sesuai dengan apa diperintahkan Allah Swt. Pada dasarnya akhlak merupakan landasan yang kokoh bagi kehidupan manusia. Kemudian kecintaan terhadap Rasulullah Saw juga sangat penting karena Rasulullah Saw adalah sosok manusia yang menjadi teladan bagi seluruh umat manusia, dengan berbagai cara kita dapat mencintai Rasulullah Saw. Berbagai pembahasan terkait nilai-nilai akhlak sangatlah banyak tetapi fokus pembahasan yang berbeda dengan kitab yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai-nilai akhlak yang terkandung di maulid Simṭu Al-Durar; (2) nilai kecintaan terhadap Rasulullah Saw di dalam kitab maulid Simṭu Al-Durar; dan (3) relevansi kitab maulid Simṭu Al-Durar dalam materi pembelajaran PAI di SMP.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (library research) dengan cara mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumber data untuk diolah dan disajikan dalam bentuk laporan penelitian kepustakaan. Data dihasilkan dari analisis kitab maulid Simṭu Al-Durar. kemudian data hasil penelitian di analisis menggunakan content analysis, teknik yang bertujuan untuk mengambil karakteristik tertentu dari suatu teks secara sistematis dan objektif.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan nilai-nilai akhlak di dalam maulid Simṭu Al-Durar meliputi : Akhlak kepada Allah Swt yang mencangkup tauhid, taubat, husnudzhan, mengingat Allah Swt, tawakal. Akhlak kepada Rasulullah Saw yaitu mencintai Rasulullah Saw, mengikuti Rasulullah Saw, mengucapkan sholawat dan salam kepada Rasulullah Saw. Akhlak terhadap diri sendiri yaitu sabar, jujur, amanah, dan rasa malu. Akhlak terhadap keluarga yaitu bersikap baik kepada saudara. Akhlak terhadap masyarakat yaitu tawadhu’, silaturahmi dengan kerabat. Kecintaan terhadap Rasulullah Saw pada maulid Simṭu Al-Durar yaitu mengenali Rasulullah Saw dengan mengetahui sejarah Rasulullah Saw, meneladani akhlak Rasulullah Saw dengan cara meniru akhlak beliau, mengikuti atau mematuhi Rasulullah Saw dengan patuh kepada beliau, memuliakan Rasulullah Saw dengan cara mengkhususkan untuk memuliakan beliau, bersholawat untuk Rasulullah Saw, dan rindu berjumpa dengan Rasulullah Saw. Relevansi nilai-nilai akhlak di dalam kitab maulid Simṭu Al-Durar dengan mata pelajaran PAI di SMP . Hal ini dibuktikan pada materi pada bab-bab di dalam materi pembelajaran PAI yang relevan dengan maulid Simṭu Al-Durar. Secara garis besar relevansi di dalam materi pembelajaran PAI yaitu akhlak kepada Allah Swt yaitu tauhid pada kelas VII, husnudzhan pada kelas VII, tawakal pada kelas IX. Akhlak terhadap diri sendiri yaitu sabar kelas VII, jujur pada kelas IX, amanah pada kelas VII, malu pada kelas IX, rendah hati pada kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:06
Last Modified: 22 Jun 2023 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25027

Actions (login required)

View Item View Item