Syah, Cahya Firman (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TARTILA BIL QOLAM DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN SISWA KELAS III MI NURUL FALAH BALIBATA KEBONSARI MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203190023_Cahya Firman Syah_PGMI A (2).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Syah, Firman Cahya. 2023. Pengembangan Model
Pembelajaran Tartila Bil Qolam Dalam Upaya
Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur‟an Kelas III MI
Nurul Falah Balibata Kebonsari Madiun. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madraah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Isalam
Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi: H.M.
Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pengembangan, Tartila Bil Qolam,
Pembelajaran Al-Qur‟an
Al-Qur‟an merupakan firman Allah SWT yang memiliki
kemukjizatan lafal. Membaca, menulis dan menghafal AlQur‟an bernilai ibadah. Al-Qur‟an merupakan pedoman hidup
bagi umat manusia. Sehingga manusia wajib hukumnya
mempelajari Al-Qur‟an dalam segala aspek terutama dalam
membaca, menulis dan menghafal Al-Qur‟an, oleh karena itu
di butuhkan pembelajaran Al-Qur‟an yang berkuaitas sehingga
mendapatkan hasil yang maksilamal dan menghasilkan output
yang baik. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan
penerapan model pembelajaran yang baik dan efektif,
diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran, seperti
halnya pembelajaran Al-Qur‟an yang ada di MI Nurul Falah
Balibata Kebonsari Madiun yang menggunakan model
pembelajaran Tartila Bil Qolam untuk mempermudah dan
meciptakan peserta didik yang memiliki kualitas membaca,
menulis dan menghafal yang baik.
Tujuan penelitian adalah: 1) mendiskripsikan pembelajaran
Al-Qur‟an mengunakan model pembelajaran Tartila Bil Qolam
dengan buku pedoman 2) mengetahui kelebihan dan
viii
kekurangan Tartila Bil Qolam, 3) faktor pendorong dan
penghambat Tartila Bil Qolam.
Penelitian ini mengunakan pendekatan R&D yang
bertujuan untuk menggambarkan data-data melalui
dokumentari dan observasi, dan analisisnya menggunakan
skala likert, berupa suvei mengenai fenomena sosial dalam
lembaga.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan model
pembelajaran Tartila Bil Qolam efektif dan baik dengan buku
pedoman, 2) Tartila Bil Qolam memiliki kelebihan dan
kekurangan,3) faktor penghambat dan pendukung berasal dari
dalam(internal) dan dari luar(eksternal).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 03:04 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 03:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25026 |
Actions (login required)
View Item |