Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMKN 1 Ponorogo

kurniawan, jefry sagita (2023) Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190144_Jefry Sagita Kurniawan_MPI.pdf

Download (731kB)

Abstract

Kurniawan, Jefry Sagita 2023. Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMKN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Konflik, Meningkatkan, Kinerja Guru
Sekolah menengah kejuruan dalam pencapaiannya tujuan harus didukung oleh para guru yang berkompeten. Dalam hal ini guru memiliki kontribusi besar dalam kesuksesan siswa ke depanya. Pencapaian tujuan sekolah tidak terlepas dari komitmen guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut tentu sekolah memiliki konflik yang terjadi didalamnya. SMKN 1 Ponorogo ini merupakan sekolah besar yang memiliki jumlah siswa banyak dan jumlah guru yang tidak sedikit. Namun demikian memiliki tingkat kinerja guru yang baik meski guru juga menghadapi konflik yang ada. Sekolah memiliki manajemen konflik yang bagus untuk menciptakan team work yang bagus guna mencapai tujuan sekolah.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) untuk mengetahui dan menjelaskan strategi manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Ponorogo;(2) untuk mengetahui dan menjelaskan langkah-langkah manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Ponorogo;(3) untuk mengetahui dan menganalisis dampak manajemen konflik dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles, Huberman dan Saldana dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) terdapat dua strategi dalam menajemen konflik yang bersifat preventif dan kuratif. Strategi preventif adalah strategi pencegahan dengan membuat peraturan. Strategi kuratif adalah strategi dengan mempertemukan pihak berkonflik melakukan musyawarah guna mencapai kesepakatan bersama apabila konflik berkaitan di pekerjaan sekolah dan membutuhkan solusi secepatnya;(2) langkah pengelolaan konflik dengan melakukan evaluasi kerja, dengan mengurangi konflik dalam bentuk menetapkan peraturan, kegiatan bersama dan mutasi, serta resolusi konflik dengan musyawarah pihak yang berkonflik;(3) dampak pengelolaan konflik terhadap kinerja guru yakni meningkatnya kedisiplinan waktu bekerja, tingkat motivasi kerja secara sehat, serta hubungan kerja sama yang produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:03
Last Modified: 22 Jun 2023 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25024

Actions (login required)

View Item View Item