...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Leader Member Exchange dan Disiplin Kerja Kepala Madrasah terhadap Kinerja Pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo

Murseha, Lina (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Leader Member Exchange dan Disiplin Kerja Kepala Madrasah terhadap Kinerja Pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190042_LINA MURSEHA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Murseha, Lina. 2023. Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) dan Disiplin Kerja Kepala Madrasah terhadap Kinerja Pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Leader member exchange, disiplin kerja, kinerja pegawai.
Leader Member Exchange (LMX) merupakan salah satu cara seorang pemimpin untuk mempengaruhi perilaku bawahannya, dengan tujuan bawahan mau bekerja sama dan bekerja secara produktif guna mencapai tujuan suatu organisasi tersebut. Kepemimpinan yang diterapkan seorang manajer dalam suatu organisasi dapat menciptakan integrasi yang tepat dan mendorong gairah kerja pegawai dalam mencapai sasarannya secara maksimal. Begitu pula disiplin kerja merupakan salah satu peran penting yang harus diperhatikan oleh suatu organisasi, karena disiplin kerja pada umumnya mampu mendorong gairah kerja seseorang, menciptakan rasa tanggung jawab seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan, dan juga dapat meningkatkan kesadaran pada peratutan yang berlaku di dalam organisasi. Dengan demikian, kepemimpinan yang tepat akan menciptakan disiplin kerja yang tinggi, yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja para pegawai di suatu lembaga pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Signifikansi pengaruh leader member exchange (LMX) kepala madrasah terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo; (2) Signifikansi pengaruh disiplin kerja kepala madrasah terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo; dan (3) Signifikansi pengaruh leader member exchange (LMX) dan disiplin kerja kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain survei. Pengambilan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang berisikan pernyataan-pernyataan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah 59 responden. Untuk mengambil sampel peneliti menggunakan penelitian sampling jenuh dikarenakan sampel kurang dari 100. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dan diujikan, untuk uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reabilitas menggunakan alpha Cronbach, sedangkan untuk Analisa data menggunakan rumus korelasi sederhana, regresi sederhana dan berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara leader member exchange (LMX) kepala madrasah terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 ponorogo, termasuk kategori rendah dengan persentase 16%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja kepala madrasah terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 ponorogo, termasuk dalam kategori rendah dengan persentase 14,7%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan leader member exchange (LMX) dan disiplin kerja kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di MTs Negeri 3 ponorogo, dibuktikan dengan perhitungan regresi berganda menggunakan SPSS 23 yang dilihat pada thitung 3,041. Dimana jika thitung > ttabel maka H0 ditolak dengan kesimpulan Ha diterima, sehingga diambil keputusan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X1 dan X2 terhadap Y dengan tingkat 16,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:01
Last Modified: 22 Jun 2023 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item