Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo)

Rosiana, Cheris Afrinda (2023) Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190082_Cheris Afrinda Rosiana_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosiana, Cheris Afrinda. 2023. Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Kualitas Peserta Didik (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Perubahan, Kualitas, Peserta Didik, MAN 2 Ponorogo.
Lembaga pendidikan menjadi wadah dalam peningkatan kualitas peserta didik pada dunia pendidikan sebagai output atas segala upaya penerapan manajemen sekaligus penyusunan program-program dengan melakukan perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement). Selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk melakukan perubahan. Perubahan harus senantiasa dipersiapkan dan dilakukan sebagai solusi menghadapi berbagai tantangan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Pengelolaan dengan manajemen perubahan menjadi bagian yang sangat penting sebagai strategi menuju peningkatan kualitas lembaga pendidikan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan mempersiapkan peserta didik untuk bersaing di era kemajuan peradaban.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tahapan model manajemen perubahan yang mencakup (1). Fase Pencairan (unfreezing), (2). Fase Perubahan (changing), (3) Fase Pembekuan Kembali (Refreezing), dan (4). Implikasi manajemen perubahan dalam peningkatan kualitas peserta didik di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Tenaga Pendidik sekaligus sebagai Guru Pembina Kelas Olimpiade dan siswa berprestasi Nasional dan Internasional. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, data collection, data condensation(kondensasi data), data display (penyajian data), drawing and verifying (kesimpulan). Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan derajat kepercayaan, keteralihan (transferability), kebergantungan, dan kepastian (comfirmability).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses tahapan perubahan dalam peningkatan kualitas peserta didik di MAN 2 Ponorogo sesuai dengan model manajemen perubahan yang dikemukakan oleh Kurt Lewin, dengan tahapan (1). Unfreezing. Fase pencairan dilakukan dengan menciptakan kebutuhan akan perubahan dengan melakukan terobosan baru berupa program moving class dan membangun tantangan terhadap perubahan dengan melakukan koordinasi serta pengambilan keputusan bersama melalui musyawarah. (2). Changing. Pada fase perubahan dilakukan dengan meningkatkan kualitas peserta didik berupa memberikan wadah serta pembimbingan sesuai dengan potensi peserta didik yakni program moving class. Madrasah mengubah struktur SDM lembaga dan meningkatkan ketersediaan teknologi. (3). Refreezing. Pada fase pembekuan kembali madrasah berupaya mempertahankan program moving class dengan melakukan evaluasi dan controlling serta koordinasi atau kecocokan pelayanan dengan hasil yang diperoleh. Madrasah berhasil membuat modifikasi konstruktif (membangun/ membina) segala aspek yang berkaitan dengan proses dalam program moving class. (4) Implikasi dalam peningkatan kualitas peserta didik dapat dilihat dari berhasilnya madrasah dalam mengadakan program moving class dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diperoleh peserta didik baik pada tingkat Nasional maupun Internasional. Selain meningkatnya prestasi yang diperoleh, peserta didik lulusan MAN 2 Ponorogo juga banyak mendapat beasiswa di luar negeri, salah satunya adalah Like Zuyyina Fatwa Fadila yang diterima di 8 universitas luar negeri dan kemudian memutuskan untuk memilih National Taiwan University.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:00
Last Modified: 22 Jun 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25021

Actions (login required)

View Item View Item