Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Madiun

Fatimah, Choiriah Fitri (2023) Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190083_Choiriah Fitri Fatimah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatimah, Choiriah Fitri. 2023. Strategi Bauran Pemasaran Pendidikan dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Minat Peserta Didik
Dalam meningkatkan minat para pelangan jasa pendidikan yaitu calon peserta didik adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran yang baik. Strategi bauran pemasaran merupakan kiat-kiat didalam aktifitas pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk menarik minat para calon peserta didik dan memenangkan persaingan. Minat menjadi penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Apabila sekolah dapat memeberikan keinginan dan kebutuhan dari peserta didik maka peserta didik akan tertarik dengan sekolah tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran pendidikan yang ada di MAN 2 Madiun dalam meningkatkan minat calon peserta didik nya dengan menggunakan bauran pemasaran sebagai alat promosi produk keunggulan sekolah yang lebih menekankan pada product, price, promotion, place dan physical evidence.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Narasumber dalam wawancara ini yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, waka humas, komite sekolah, dan beberapa siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan MAN 2 Madiun dalam meningkatkan minat calon peserta didik sudah terbilang kurang berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data jumlah penurunan siswa pada tahun 2022/2023. Dalam pemasaran pendidikan MAN 2 Madiun menggunakan beberapa teori bauran pemasaran. Dalam bauran pemasaran yang di gunakan dalam mempengaruhi minat calon peserta didik di MAN 2 Madiun yaitu: product, price, promotion, place, dan physical evicence.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2023 02:59
Last Modified: 22 Jun 2023 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item