..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TARTILA BIL QOLAM DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN SISWA KELAS III MI NURUL FALAH BALIBATA KEBONSARI MADIUN

Syah, Cahya Firman (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TARTILA BIL QOLAM DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN SISWA KELAS III MI NURUL FALAH BALIBATA KEBONSARI MADIUN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190023_Cahya Firman Syah_PGMI A.pdf

Download (3MB)

Abstract

Syah, Firman Cahya. 2023. Pengembangan Model Pembelajaran Tartila Bil Qolam Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur‟an Kelas III MI Nurul Falah Balibata Kebonsari Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madraah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Isalam Negeri Ponorogo. Pembimbing Skripsi: H.M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pengembangan, Tartila Bil Qolam, Pembelajaran Al-Qur‟an
Al-Qur‟an merupakan firman Allah SWT yang memiliki kemukjizatan lafal. Membaca, menulis dan menghafal Al- Qur‟an bernilai ibadah. Al-Qur‟an merupakan pedoman hidup bagi umat manusia. Sehingga manusia wajib hukumnya mempelajari Al-Qur‟an dalam segala aspek terutama dalam membaca, menulis dan menghafal Al-Qur‟an, oleh karena itu di butuhkan pembelajaran Al-Qur‟an yang berkuaitas sehingga mendapatkan hasil yang maksilamal dan menghasilkan output yang baik. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan penerapan model pembelajaran yang baik dan efektif, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran, seperti halnya pembelajaran Al-Qur‟an yang ada di MI Nurul Falah Balibata Kebonsari Madiun yang menggunakan model pembelajaran Tartila Bil Qolam untuk mempermudah dan meciptakan peserta didik yang memiliki kualitas membaca, menulis dan menghafal yang baik. Tujuan penelitian adalah: 1) mendiskripsikan pembelajaran Al-Qur‟an mengunakan model pembelajaran Tartila Bil Qolam dengan buku pedoman 2) mengetahui kelebihan dan

vii
kekurangan Tartila Bil Qolam, 3) faktor pendorong dan penghambat Tartila Bil Qolam. Penelitian ini mengunakan pendekatan R&D yang bertujuan untuk menggambarkan data-data melalui dokumentari dan observasi, dan analisisnya menggunakan skala likert, berupa suvei mengenai fenomena sosial dalam lembaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Tartila Bil Qolam efektif dan baik dengan buku pedoman, 2) Tartila Bil Qolam memiliki kelebihan dan kekurangan,3) faktor penghambat dan pendukung berasal dari dalam(internal) dan dari luar(eksternal).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:43
Last Modified: 21 Jun 2023 07:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item