Syawir Dalam Meningkatkan Sikap Open Minded Di Pondok Pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan

RefdianSyah, RefdianSyah (2023) Syawir Dalam Meningkatkan Sikap Open Minded Di Pondok Pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190445_REFDIANSYAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Syah, Refdian. 2023. Syawir dalam Meningkatkan Sikap Open Minded di Pondok Pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman M.Pd. I
Kata Kunci: Syawir, Open minded, Pondok Pesantren.

Seiringnya perkembangan zaman maka semakin pesat pula teknologi, dimana para manusia dituntut agar kualitas sumber daya manusia melesat maju. Bermacam upaya yang diciptakan seperti metode-metode yang digunakan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki kualitas bagus. Salah satu metode pembelajaran yang banyak digunakan adalah syawir. pondok pesantren Bani Ali Mursyad juga masih menggunakan metode tradisional yang biasa disebut syawir(diskusi). Metode syawir di pondok pesantren Bani Ali Mursyad turun-temurun menggunakan metode ini yang diterapkan agar mempermudah para santri tidak hanya dalam memahami kitab-kitab klasik namun juga sebagai penunjang pembelajaran di kelas. Metode syawir ini memiliki kharismatik walau dikenal dengan metode tua, namun popularitasnya cukup diminati di kalangan pelajar hingga perguruan tinggi di karenakan metode yang bersifat meningkatkan pemahaman degan efektif.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan upaya ustaz dalam meningkatkan sikap open minded melalui kegiatan syawir di pondok pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan. (2) mendeskripsikan upaya qismun ta’lim dalam meningkatkan sikap open minded melalui kegiatan syawir di pondok pesantren pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan. (3) mendeskripsikan hasil dari upaya ustaz dan qismun ta’lim dalam meningkatkan sikap open minded melalui kegiatan syawir di pondok pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Teknik interaktif Miles, Hubberman, dan Saldana berupa kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) upaya ustaz dalam meningkatkan sifat open minded melalui kegiatan syawir adalah dengan menggunakan media kitab klasik, LKS agama Islam pada kegiatan formal, dan lainya, hal ini bertujuan agar para santri lebih konsisten dalam meningkatkan sikap open minded di pondok pesantren Bani Ali Mursyad Banaran Maegtan
(2) upaya qismun ta’lim dalam meningkatkan sifat open minded melalui kegiatan syawir adalah dengan melaksanakan syawir dalam tiga macam, yaitu Syawir harian, Syawir fiqih, dan Syawir tahunan (3) hasil dari upaya ustaz dan qismun ta’lim dalam meningkatkan sikap open minded melalui kegiatan syawir adalah secara tidak langsung santri mampu mengikuti kegiatan syawir dengan baik dan tampa ada paksaan, santri menjadi bisa membaca kitab kuning, santri menjadi open minded serta berprilaku jujur, santri lebih percaya diri ketika berbicara pada saat syawir, santri menjadi bisa membaca kitab kuning, selain itu para santri sudah mulai terbiasa bersikap open minded.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:34
Last Modified: 21 Jun 2023 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25006

Actions (login required)

View Item View Item