Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Antara Diterapkannya Model Pembelajaran Diskusi Dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023

Kurniawan, Ferdy (2000) Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Antara Diterapkannya Model Pembelajaran Diskusi Dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI DUMMY FERDY (perpus)_125744.pdf

Download (739kB)

Abstract

Ferdy, Kurniawan. 2023. Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis antara Diterapkannya Model Pembelajaran
Diskusi dan Inkuiri pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model
Pembelajaran Diskusi, Model Pembelajaran Inkuiri.
Kemampuan berpikir kritis siswa menjadi salah satu kemampuan siswa yang perlu ditingkatkan dalam belajar memahami materi pelajaran terutama pelajaran Fikih. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir kritis yaitu kondisi fisik, motivasi, model pembelajaran, kecemasan, dan pengembangan intelektual. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri yang akan dibandingkan dengan model pembelajaran diskusi untuk di lihat hasil tingkat kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari kedua model pemebelajaran tersebut melalui dan pree-test

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran diskusi pada pelajaran Fikih di kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun (2) mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Inkuiri pada pelajaran Fikih di kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun (3) mengetahui apakah ada perbedaan tingkat berpikir kritis siswa antara diterapkannya model pembelajaran diskusi dengan inkuiri pada pelajaran Fikih di kelas IX MTs Miftahul Ulum Madiun. Penelitian ini diuji dengan analisis statistik komparatif
menggunakan Mann Whitney U karena dalam uji normalitas data yang di dapat tidak normal dan tempat penelitian di MTs Miftahul Ulum Madiun karena asumsi normalitas data tidak terpenuhi. 60 siswa dijadikan sampel dalam penelitian dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Tes digunakan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa (1) secara umum kemampuan berpikir kritis siswa dengan model
pembelajaran diskusi masuk dalam kategori sedang sebanyak 17 orang dengan prosentase 57% (2) untuk model pembelajaran inkuiri secara umum kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran inkuiri masuk kategori tinggi sebanyak 16 orang dengan prosentase 53% (3) Berdasarkan perhitungan uji Mann Whiteney U di peroleh nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan hasil keputusan menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan befikir kritis yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran diskusi dengan model pembelajaran inkuiri pada kelas IX di MTs Miftahul Ulum Madiun dimana model pembelajaran inkuiri lebih efektif dari
model pembelajaran diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:30
Last Modified: 21 Jun 2023 06:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item