Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Mind Mapping Berbantu Aplikasi Desain Canva Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Rahayu, Fajar (2023) Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Mind Mapping Berbantu Aplikasi Desain Canva Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190238_FAJAR RAHAYU_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan bahan ajar yang minim dalam menunjang proses pembelajaran menyebabkan pengetahuan siswa kurang tereksplor dan kurangnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran, maka dari itu diperlukan adanya pengembangan bahan ajar sehingga mampu menyediakan bahan ajar yang maksimal.
Kegiatan pengembangan ini mempunyai tujuan: 1) Untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis mind mapping berbantu aplikasi desain canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. 2) Untuk mendeskripsikan validasi bahan ajar akidah akhlak berbasis mind mapping berbantu aplikasi desain canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. 3) Untuk mendeskripsikan efektivitas bahan ajar akidah akhlak berbasis mind mapping berbantu aplikasi desain canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Pengembangan bahan ajar menggunakan jenis pengembangan Four-D, meliputi: Define, Design, Develop, and Disseminate, namun pengembangan terbatas pada tahap Develop. Setelah produk bahan ajar selesai, selanjutkan akan divalidasi terlebih dahulu oleh validator ahli desain dan ahli isi sebelum diuji cobakan terbatas kepada siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan angket dan tes yang selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Adapun hasil kegiatan pengembangan yang dilakukan, yaitu: 1) Pengembangan bahan ajar tahap define, meliputi: analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design, meliputi: rancangan awal, pemilihan media, pemilihan format, dan penyusunan standar tes. Tahap develop, meliputi: pembuatan bahan ajar, validasi, revisi, dan uji coba terbatas bahan ajar. 2) Bahan ajar berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh skor pada aspek desain tampilan 4.4, penyajian materi 4.5, mind mapping 4.4, kelayakan isi 4.5, kebahasaan 4.5, dan evaluasi pembelajaran 4.6 dengan kriteria sangat layak. 3) Hasil uji coba terbatas bahan ajar diperoleh rata-rata pretest 70.44 dan rata-rata posttest 84.68. Sedangkan, hasil Uji Paired Sample t-Test diperolehan nilai Signifikansi 0.000, dan hasil Uji Efektivitas bahan ajar menggunakan gain ternormalisasi diperolehan nilai N-gain 0.49. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahan ajar akidah akhlak berbasis mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:29
Last Modified: 21 Jun 2023 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25001

Actions (login required)

View Item View Item