Kemampuan Calistung Berdasarkan Karakter Kepribadian Peserta Didik Kelas 1 Di Mi Ma'arif Polorejo Kabupaten Ponorogo

Soraya, Elsa Lufita (2023) Kemampuan Calistung Berdasarkan Karakter Kepribadian Peserta Didik Kelas 1 Di Mi Ma'arif Polorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190039_ ELSA LUFITA SORAYA_eteses.pdf

Download (718kB)

Abstract

Soraya, Elsa Lufita. 2023. Kemampuan Calistung Berdasarkan Karakter Kepribadian Peserta Didik Kelas 1 di MI Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing , Farida Yufarlina R, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan Calistung, Karakter Kepribadian
Membaca, menulis, dan berhitung (calistung) adalah kemampuan yang harus dikuasai siswa sekolah dasar kelas rendah. Kemampuan calistung sebagai modal dasar untuk mengembangkan keilmuwan siswa pada tahap kelas selanjutnya. Di kelas 1 MI Ma’arif Polorejo, masih terdapat beberapa siswa yang rendah dalam kemampuan calistung. Kemampuan calistung yang dimiliki masing-masing siswa berdasarkan karakter kepribadiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan calistung siswa kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. (2) mendefinisikan kemampuan calistung berdasarkan karakter kepribadian introvert peserta didik kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. (3) menjelaskan kemampuan calistung berdasarkan karakter kepribadian ekstrovert peserta didik kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. (4) mendeskripsikan kemampuan calistung berdasarkan karakter kepribadian ambivert peserta didik kelas 1 MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan informan terdiri atas siswa kelas 1 MI Ma’arif Polorejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner tentang karakter kepribadian, tes kemampuan calistung, wawancara dengan wali kelas 1B kemampuan siswa berdasarkan karakter kepribadian siswa, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Ma’arif Polorejo yang kemudian dari subjek tersebut diketahui masing-masing kategori karakter kepribadian meliputi 3 siswa dengan kepribadian introvert, 13 siswa dengan kepribadian ekstrovert, dan 1 siswa dengan kepribadian ambivert.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) hasil kuisioner/angket jumlah masing-masing karakter kepribadian siswa kelas 1B Umar Bin Khattab MI Ma’arif Polorejo berbeda-beda. Hal ini menujukkan bahwa terdapat tiga tipe karakter kepribadian meliputi kepribadian introvert dengan jumlah 3 siswa, kepribadian ekstrovert dengan jumlah 13 siswa, dan kepribadian ambivert dengan jumlah 1 siswa. (2) Berdasarkan tiga kategori karakter kepribadian siswa kelas 1B Umar Bin Khattab MI Ma’arif Polorejo mempunyai klasifikasi kemampuan calistung yang berbeda-beda. Kemampuan calistung kepribadian introvert 3 siswa dengan rata-rata nilai 68,75, kemampuan calistung kepribadian ekstrovert 13 siswa dengan rata-rata nilai 78,3 sedangkan, kemampuan calistung kepribadian ambivert dengan jumlah 1 siswa dengan rata- rata nilai 85. (3) Hal ini menunjukkan bahwa nilai yang didapat siswa ambivert melebihi ketuntasan termasuk dalam kategori tertinggi dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah 75. Terdapat 3 siswa kepribadian introvert yang tidak tuntas serta 13 siswa yang dinyatakan tuntas dengan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:28
Last Modified: 21 Jun 2023 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item