Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III di MIN 7 Ponorogo

Rusdiamawati, Evi (2023) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III di MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190042_EVI RUSDIAMAWATI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rusdiamawati, Evi. 2023. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III di MIN 7 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Pola asuh orang tua, gaya belajar, hasil belajar.
Dalam belajar seseorang dapat dikatakan berhasil apabila dalam dirinya telah terjadi perubahan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa
setelah melalui proses kegiatan belajar. Namun saat ini di MIN 7 Ponorogo kelas III pada mata pelajaran PPKn ditemukan hasil belajar siswa yang nilainya cukup rendah dan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 76%. Kurang optimalnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya pola asuh orang tua dan gaya belajar. Setiap individu memiliki keunikan tersendiri dan mempunyai caranya masing-masing dalam menyerap informasi tergantung gaya belajar yang diterapkan siswa sehari-hari. Kemudian pola asuh yang didapatkan oleh setiap siswa juga berbeda-beda tergantung pola pengasuhan yang diberikan oleh orang tuanya, sehingga hasil belajar yang diperoleh setiap siswa berbeda pula. Oleh karena itu, penerapan pola asuh orang tua dan gaya belajar yang tepat sangat penting dalam membantu memaksimalkan pembelajaran sehingga hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III di MIN 7 Ponorogo, 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III di MIN 7 Ponorogo, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan gaya
belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III di MIN 7 Ponorogo.Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 21 siswa. Teknik analisis
data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan (1) ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III di MIN 7 Ponorogo sebesar 39,6% dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,050. (2) ada pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn di MIN 7 Ponorogo sebesar 23,7% dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,050. (3) ada pengaruh antara pola asuh orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn di MIN 7 Ponorogo sebesar 53,1% dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,050.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:23
Last Modified: 21 Jun 2023 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item