Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Siswa Ditinjau dari Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas II MIN 1 Ponorogo

Tiara, Lia Agus (2023) Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Siswa Ditinjau dari Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas II MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190062_LIA AGUS TIARA_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tiara, Lia Agus. 2023. Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Siswa Ditinjau dari Keterampilan Motorik Halus Siswa Kelas II MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Lukman Hakim, M.Pd.

Kata kunci: Kemampuan Menulis, Menulis Huruf Tegak Bersambung, Motorik Halus.

Memberikan pengajaran serta melatih siswa dalam pembelajaran membutuhkan suatu usaha, kesabaran, hati yang tulus dari seorang guru. Mata pelajaran bahasa Indonesia sangatlah penting diajarkan bagi siswa dari jenjang sekolah dasar, terutama dalam hal membaca dan menulis, agar siswa dapat memperoleh tujuan pembelajaran yang memuaskan. Membaca dan menulis dilakukan sejak anak usia dasar, jika sejak tingkat dasar anak sudah dibekali kemampuan membaca dan menulis dengan baik, maka akan berpengaruh pada hasil belajar yang baik. Siswa dengan sistem perkembangan saraf motorik yang baik, maka keterampilan menulis akan berkembang dengan baik pula. Siswa kelas II di MIN 1 Ponorogo keterampilan motoriknya berkembang dengan baik, sehingga dalam kegiatan menulis tegak bersambung mampu menghasilkan tulisan dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterampilan motorik halus siswa kelas II MIN 1 Ponorogo, (2) kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II MIN 1 Ponorogo, (3) kemampuan menulis tegak bersambung siswa ditinjau dari keterampilan motorik halus siswa kelas II MIN 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk desain penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek data yang diambil yaitu siswa kelas II (al-biruni) MIN 1 Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) keterampilan motorik halus siswa berkembang dengan sangat baik. Mereka sudah mampu menggerakkan tangan, pergelangan tangan serta koordinasi mata yang baik pada saat kegiatan pembelajaran dikelas. (2) kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II (al-biruni) memperoleh hasil yang memuaskan. Kebanyakan siswa mendapat nilai di atas nilai KKM. Siswa yang mendapat nilai di atas KKM terdapat 16 siswa dengan perolehan nilai dari 90 sampai dengan nilai 100. Tetapi ada 2 anak yang mendapat nilai di bawah KKM dan standar KKM. Banyak siswa yang senang menulis tegak bersambung, antusias siswa kelas II (al-biruni) juga sangat baik. (3) kemampuan menulis tegak bersambung apabila ditinjau dari motorik halus siswa memperoleh hasil yang baik pula. Siswa kelas II (al-biruni) keterampilan motorik halus berkembang dengan baik pada saat kegiatan menulis tegak bersambung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:27
Last Modified: 21 Jun 2023 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item View Item