Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Jenangan

Asilah, Jihan (2023) Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI Jihan E-Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Asilah, Jihan. 2023. Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Jenangan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata kunci: Metode Puzzle, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
Latar belakang masalah penelitian ini adalah minat belajar dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI MIPA 1 semester II SMA N 1 Jenangan masih rendah. Dari informasi yang peneliti dapatkan ada sebagian siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Rendahnya penguasaan materi dalam pembelajaran dikarenakan kurang tepatnya media dan strategi pembelajaran yang digunakan, sehingga pada penelitian ini peneliti mencoba merubah media, salah satunya menggunakan pembelajaran dengan media puzzle.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media puzzle siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Jenangan. (2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media puzzle siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Jenangan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat siklus yang menerapkan model menurut Kemmis S and Mc. Taggart yaitu pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan membentuk spiral, yang dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, rencana ulang, tindakan dan seterusnya.
Berdasarkan analisis data tentang minat belajar siswa pada siklus I mencapai 52,3 % pada indikator perhatian. Pada siklus II minat belajar siswa mencapai 90,4 %, kenaikan signifikan terjadi pada indikator kemauan peserta didik dalam mempelajari suatu pelajaran dimana tidak adanya paksaan dan perasaan senang dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media puzzle. Pada siklus III minat belajar siswa meningkat pada indikator konsentrasi serta kesadaran peserta didik dalam mengikuti pelajaran dengan prosentase mencapai 95,2 %, dan pada siklus IV minat belajar siswa mampu memenuhi semua indikator minat belajar mencapai 100 % dimana indikator tersebut yaitu perhatian peserta didik, perasaan senang, konsentrasi, kesadaran peserta didik dalam mengikuti pelajaran dan kemauan peserta didik dalam mempelajari tanpa adanya paksaan.Sedangkan pada hasil analisis data tentang hasil belajar pada siklus I siswa yang tuntas mencapai 61,9 % pada indikator perubahan dan pencapaian tingkah laku dimana awalnya mereka belum paham akan pelajaran yang disampaikan berubah menjadi paham. Pada siklus II pun indikator dalam hasil belajar yang terlihat sama, yakni perubahan dan pencapaian tingkah laku, akan tetapi disini prosentasenya meningkat signifikan dengan ketuntasan hasil belajarnya mencapai 80,9%. Pada siklus III ketuntasan hasil belajarnya mencapai 95,2 % dengan indikator pencapaian hasil belajar meningkat pada poin daya serap peserta didik dalam menguasai bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dan pada siklus IV ketuntasan hasil belajarnya mencapai 100 % dimana indikator hasil belajar sudah mencapai ketuntasan pada perubahan dan pencapaian tingkah laku peserta didik dan daya serap peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran yang disampaikan guru.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI materi pokok prinsip dan praktik ekonomi Islam dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:09
Last Modified: 21 Jun 2023 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24996

Actions (login required)

View Item View Item