Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan citra Positif Lembaga Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Manakib (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo)

Arifah, Binti Nur (2023) Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan citra Positif Lembaga Pendidikan Islam Melalui Kegiatan Manakib (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180009_Binti Nur Arifah_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen hubungan masyarakat memiliki peran yang penting dalam lembaga pendidikan. Sehingga manajemen humas membentuk strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan citra lembaga. Di pondok pesantren Al Barokah manajemen humas membentuk strategi untuk meingkatkan citra lembaga melalui kegiatan manakib. Karena manakib merupakan kegiatan keagaamaan yang dilaksanakan oleh pondok pesantren Al-Barokah dengan para jamaah atau masyarakat. Melalui kegiatan manakib komunikasi para santri dengan para jamaah atau
masyarakat terjalin. Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan menjadikan hubungan yang harmonis dengan masyarakat dan juga memperoleh citra positif. Implementasi strategi yang di bentuk oleh manajemen humas memiliki tujuan agar dapat menanamkan kepercayaan kepada public, tidak hanya untuk memperoleh citra positif namun juga mempertahankan citra
positif yang telah dibentuk, karena hal tersebut sangat berpengaruh dengan reputasi lembaga. Begitu kepercayaan publik luntur akibat reputasi negatif maka akan sulit bagi lembaga untuk memulihkan kepercayaan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra lembaga melalui kegiatan Manakib di Pondok Pesantren Al Barokah, (2) Memaparkan dan menganalisis implementasi strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra lembaga melalui kegiatan Manakib di Pondok Pesantren Al Barokah, (3) menjelaskan dan menganalisis dampak dari implementasi strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra lembaga melalui kegiatan Manakib di Pondok Pesantren Al Barokah.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah data reduction, data display dan conclusion drawing.

Hasil analisa dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi yang digunakan yaitu: Melibatkan para santri pada persiapan dan pelaksanaan kegiatan Manakib Kubro dan
mengkondisikan kegiatan Manakib yang diselenggarakan secara pribadi. Mengenalkan pondok pesantren Al Barokah melalui kegiatan Manakib Sewelasan dan melalui media sosial, (2)
Implementasi strategi manajemen humas dalam meningkatkan citra positif lembaga yaitu:Mengoptimalkan dan memaksimalkan ketika dilibatkan dalam kegiatan Manakib Kubro dan Manakib yang diselenggarakan secara pribadi serta segera mencari solusi jika ada kendala. Melaksanakan kegiatan Manakib Sewelasan secara rutin di pondok pesantren Al Barokah serta
pengelolaan media sosial dengan baik untuk menyalurkan informasi mengenai pondok pesantren Al Barokah, (3) Dampak dari implemetasi strategi manajemen humas yaitu: mewujudkan
hubungan yang harmonis dengan masyarakat, dan mewujudkan pondok pesantren yang berkualitas dan memiliki daya saing di pasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:26
Last Modified: 21 Jun 2023 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24994

Actions (login required)

View Item View Item