..(GUNAKAN TTD ASLI ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo

Setyaningsih, Ayu (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190042_AYU SETYANINGSIH_TIPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di abad 21 ini, kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Namun, dalam realita dunia pendidikan di Inodnesia, mayoritas siswa masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah dikarenakan kemampuan tersebut belum diasah secara maksimal dalam proses pembelajaran di materi tertentu yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, penggunan metode problem based learning dapat dijadikan alternatif solusi untuk mengatasi kemampuan berpikir kritis yang rendah pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit dalam materi tertentu. Metode ini dipilih dikarenakan di dalam metode ini, siswa dituntut untuk memecahkan dan menyelesaikan masalah dengan alasan yang logis dan dapat diterima.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan antara lain : 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode problem based learning, 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode problem based learning, 3) mengetahui pengaruh metode problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMPN 1 Sambit sebanyak 104 siswa. Sample yang digunakan yaitu purposive sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal tes pilihan ganda dengan jumlah 20 butir soal. Sedangkan untuk analisis data, penelitian ini menggunakan uji t (independent sample test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan menggunakan metode problem based learning diukur dari hasil nilai tes tulis yang memperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 67,69. Sedangkan, untuk perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 82,12 2) Kemampuan berpikir kritis kelas kontrol tanpa menggunakan metode problem based learning diukur dari hasil nilai tes tulis yang memperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 60,38. Sedangkan, untuk perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 75, 3) Berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS Versi 25, dapat dijelaskan bahwa penggunaan metode problem based learning berpengaruh untuk kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:24
Last Modified: 21 Jun 2023 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item