Upaya Guru dalam Menumbuhkan BUdaya Literasi Sekolah ( Studi Analisis di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo)

Firdawati, Elyza (2023) Upaya Guru dalam Menumbuhkan BUdaya Literasi Sekolah ( Studi Analisis di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190073_Elyza Firdawati_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Firdawati ,Elyza. 2022/2023 Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah (Studi Analisis di MA AL-ISLAM Joresan Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Arif Wibowo M.Pd.I.
Kata Kunci : Upaya, Guru, Budaya, Literasi
Pada era ini banyak dari siswa kurang ahli dalam menguasai keliterasian. Termasuk pada keliterasian yang dibudayakan di sekolah. Siswa yang kurang mengetahui tentang keliterasian mengakibatkan susah memahami pembelajaran dan kesalahpahaman dalam menangkap informasi. Melihat fenomena yang terjadi di kalangan sekolah ini, Lembaga ikut turun tangan untuk mengatasi permasalahan dari kurangnya kemampuan literasi siswa dengan berbagai upaya untuk dapat meningkatkan keliterasian siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui budaya literasi ( literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi) di MA AL-ISLAM Joresan, (2) untuk mengetahui kendala yang di hadapi guru dalam menumbuhkan budaya literasi ( literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi ) di MA AL -ISLAM Joresan, (3) untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan budaya literasi ( literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi ) di MA AL -ISLAM Joresan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumnetasi, wawancara . Teknis analisis data menurut Miles dan Huberman dilakukan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclution .
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Budaya literasi di MA AL -ISLAM Joresan saat ini berjalan dengan baik, meskipun belum ada peningkatan yang tinggi. Pertama, budaya pada literasi basic membaca dan menulis menjadi budaya yang pasti. Kedua, budaya literasi library, berjalan sesuai dengan kegiatan meminjam mengembalikan. Ketiga, budaya literasi media siswa yaitu diberi kebebasan dalam berkreasi dalam mengisi madding, dan di dalam pembelajaran yang masih jarang menggunakan visual media seperti proyektor. Keempat literasi teknologi, budaya yang berjalan yaitu adanya pembelajaran yang mengaitkan dengan media teknologi. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi menjadi salah satu batu loncatan untuk siswa dalam kemampuan berliterasi. Dengan usaha yang diberikan guru, siswa mengalami kemajuan/peningkatan yang baik meskipun tidak tinggi.ini di buktikan dengan upaya memberikan program dan kegiatan literasi membuat siswa memiliki peningkatan dari sebelumnya. Pada literasi basic upaya yang dilakukakn guru yaitu memberikan metode cooperative dan mencari sumber refrensi lainnya. Upaya guru dalam literasi perpustakaan yaitu memberikan kesempatan kepada siswa kelas 2 Aliyah dan SMK ditujukan pada oganisasi ASLAM untuk merawat perpustakaan. Pada literasi media, upaya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta dalam pembuatan majalah santri. Pada literasi teknologi, upaya guru yaitu praktek dan teori dilaksanakan secara bersamaan agar siswa dengan mudah memahaminya. (3)Kendala yang di hadapi guru pertama, pada literasi basic adalah rendahnya minat membaca siswa. Kedua, pada literasi perpustakaan adalah sarana prasarana ( ruangan ) yang kurang memadai.ketiga pada literasi media, kreatifitas siswa yang masih terpacu pada google, pemilihan kata ada pembuatan madding/ majalah masih belum baku. Keempat pada literasi teknologi yaitu apabila tidak dibarengi dengan praktek atau penunjukkan media, siswa akan mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:57
Last Modified: 21 Jun 2023 05:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item