Konsep Pembelajaran PAI Perspektif Kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya Pada Buku Pedoman Guru PAI & BP SMA Kelas X Kurikulum 2013

Afandi, Alfi (2023) Konsep Pembelajaran PAI Perspektif Kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya Pada Buku Pedoman Guru PAI & BP SMA Kelas X Kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190009_Alfi Afandi_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Namun, belakangan ini banyak dijumpai kemerosotan moral dan etika, bertindak anakis, kasus pornografi pada peserta didik karena adanya faktor globalisasi yang membawa banyak pengaruh yang datang dari luar, baik itu berupa kebudayaan, kehidupan sosial dan juga teknologi. Sebuah karya monumental yaitu kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim, karya KH. Hasyim Asy'ari dan buku pedoman guru PAI & BP SMA Kelas X Kurikulum 2013 yang memiliki kerelevansian yang mampu menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi pada peserta didik dengan pembentukan karakter atau etika peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis 1) konsep pembelajaran PAI pesrpsektif kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim 2) konsep pembelajaran pespektif buku pedoman guru PAI & BP Kelas X Kurikulum 2013 3) serta untuk mengetahui relevansi dari konsep pembelajaran PAI perspektif dalam kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim dengan konsep pembelajaran pada buku pedoman guru PAI & BP Kelas X Kurikukum 2013.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif jenis kepustakaan (library Research). Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik literatur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep pembelajaran PAI dalam kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim telah banyak memaparkan terkait berbagai konsep pembelajaran yang secara umum mempunyai ciri khas pada pendidikan karakter atau etika (2) Dalam buku pedoman guru & BP kelas X Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama Islam dijadikan sebagai salah satu basisnya. Karena mata pelajaran PAI bisa menjadi integrator yang dapat menghimpun aspek-aspek kompetensi, terutama pada aspek kompetensi sikap yang selaras dengan sikap Islam. (3) Konsep yang telah dirumuskan KH. Hasyim Asy'ari dalam kitab Ādāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’allim, relevan dengan konsep pembelajaran pada buku pedoman guru PAI & BP SMA kelas X Kurikulum 2013. Hal tersebut dapat telihat dari karakteristik proses pembelajaran yang mengedepankan pengembanan karakter atau etika hingga hubungan interaksi guru dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:55
Last Modified: 21 Jun 2023 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24979

Actions (login required)

View Item View Item