Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts. Ypi Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo

Minalillah, Shokhibul Latoifu (2023) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts. Ypi Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317331_ SHOKHIBUL LATOIFU MINALILLAH_Pendidikan Agama Islam-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Minalillah, Shokhibul Latoifu. 2023. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs. YPI Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M. Pd.
Kata kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah
Literasi menjadi urgensi yang perlu ditingkatkan dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan budaya literasi di sekolah. MTs YPI Manbaul Ulum Semanding Ponorogo perlu membuat strategi dalam meningkatkan dan mengatasi berbagai faktor penghambat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Adapun hambatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MTs YPI Manbaul Ulum Semanding Ponorogo adalah tingkat minat baca siswa yang rendah khususnya literasi pendidikan agama Islam. Kurangnya jumlah buku bacaan terkait pendidikan agama Islam serta kesadaran membaca dan tanggung jawab siswa menjadi faktor pengambat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs YPI. Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo, 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, 3) mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan pada pelaksanaan GLS di MTs YPI Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui penelitian studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer digunakan untuk memperoleh informasi mengenai penerapan literasi di MTs YPI Manbaul Ulum Semanding Ponorogo, faktor pendukung dan penghambat serta upaya yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam gerakan litersi sekolah (GLS) di MTs YPI Manbaul Ulum Semanding Ponorogo dan data sekunder pada penelitian ini diperoleh melalui literatur atau data tertulis yang berkaitan dengan penelitian yang berupa buku-buku, dokumentasi serta karya ilmiah dan dokumen mengenai visi dan misi sekolah, data terkait literasi berupa buku, jurnal, absensi dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verification/ conclusion.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) MTs YPI Manaul Ulum Semanding ponorogo sudah melaksanakan gerakan literasi sekolah (GLS) mata pelajaran pendidikan agama Islam sejak tahun 2017 dan sudah dalam tahap pengembangan. Pada tahap pembiasaan kegiatan berupa 15 menit membaca, membaca memanfaatkan perpustakaan atau rak baca di sudut kelas dan kegiatan membaca tahfidz. Kemudian pada tahap pengembangan adalah bedah buku dan menulis komentar isi bacaan di jurnal harian membaca. 2) Faktor pendukung pelaksanaan program adalah kolaborasi dengan semua warga sekolah dalam mendukung keterlaksanaan program sesuai dengan tujuan. Sedangkan faktor penghambat program literasi di sekolah adalah kurangnya sarana dan prasarana yang belum maksimal. 3) MTs YPI. Manbaul Ulum Semanding Jenangan Ponorogo, sudah menerapkan beberapa strategi yaitu, bekerjasama dengan pihak instansi lain dalam bentuk pengadaan buku-buku baru, dan kegiatan membaca 15 menit bersama warga sekolah, baik tenaga pendidik, maupun peserta didik, kemudian diberikan waktu khusus untuk program literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:12
Last Modified: 21 Jun 2023 06:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24975

Actions (login required)

View Item View Item