Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis dan Menghitung Siswa Kelas 1 di MIN 6 Ngawi

Hidayatullah, Muhammad Hamzah (2023) Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis dan Menghitung Siswa Kelas 1 di MIN 6 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180079_Muhammad Hamzah Hidayatullah_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayatullah, Hamzah Muhammad, 2023, Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar Membaca, Menulis, dan Menghitung Siswa Kelas 1 di MIN 6 Ngawi. Skripsi.
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru, kesulitan membaca, kesulitan menulis, kesulitan menghitung
Kesulitan membaca, menulis, dan menghitung merupakan hambatan ketika peserta didik
tidak mampu menguasai membaca, menulis, dan menghitung yang ditunjukkan dengan peserta
didik mengalami kesulitan dalam mengenali huruf ataupun angka. Sebagian dari mereka
kesulitan membedakan bentuk huruf dan vokal yang hampir sama seperti (b-d, m-n, p-q), yang
membuat peserta didik lambat saat menyalin tulisan, tulisan tidak teratur, dan peserta didik
mengalami kesulitan menghitung dalam memecahkan permasalahan dalam soal yang diberikan
oleh guru. seperti yang terjadi di kelas I MIN 6 Ngawi. Guru berupaya untuk membantu peserta
didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, menulis, dan menghitung semampunya,
dengan harapan agar peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca, menulis, dan
menghitung tidak ketinggalan jauh dengan teman-temannya dalam proses belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan mengenai faktor penyebab
kesulitan belajar membaca, menulis, dan menghitung siswa kelas I di MIN 6 Ngawi, (2) untuk
mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca,
menulis, dan menghitung pada peserta didik kelas I di MIN 6 Ngawi, (3) untuk mendeskripsikan
hasil implementasi guru dalam mengatasi kesulitanbelajar membaca, menulis, dan menghitung
peserta didik kelas I di MIN 6 Ngawi.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif yang biasa digunakan untuk
meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah studi
kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 6 Ngawi. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data pada
penelitian ini menggunakan langkah-langkah analisis data model Miles dan Hubermen, yaitu
reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) fakor penyebab kesulitan belajar membaca,
menulis dan menghitung pada peserta didik kelas I MIN 6 Ngawi yaitu terbagi menjadi faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berkaitan dengan
kecerdasan peserta didik seperti kurangnya mengenal huruf dan angka yang membuat peserta
didik lambat dalam menyalin tulisan, kurangnya teknik dalam penjumlahan serta. sementara
faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua dan kurangnya minat belajar, (2) strategi
yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar membaca, menulis, dan menghitung
peserta didik kelas I MIN 6 Ngawi dengan memberikan metode pembelajaran yang menarik.
Salah satu metode yang digunakan yaitu dengan permainan kartu abjad bertujuan untuk
merangsang otak dan menambah minat baca peserta didik, mengajarkan pembiasaan menulis
dengan pola serta mengubah angka dalam bentuk gambar, kemudian dalam menghitung guru
menggunakan nyanyian dalam menghafal angka serta menghitung menggunakan jari dengan
baik dan benar, (3) hasil dari implementasi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca,
menulis, dan menghitung peserta didik kelas I MIN 6 Ngawi dikatakan belum tercapai secara
maksimal, akan tetapi sedikit-demi sedikit memberikan perubahan yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:54
Last Modified: 21 Jun 2023 05:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24971

Actions (login required)

View Item View Item