Penggunaan Media Sosoal Youtube Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV DI Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun

Aldi Sahara, Ruwi (2023) Penggunaan Media Sosoal Youtube Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV DI Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180108_Ruwi Aldi Sahara_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah sarana bagi guru untuk menyampaikan materi pada peserta didik. Jenis media pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menjadi lebih baik, karena berupa suara dan juga gambar. Media yang digunakan dalam pembelajara Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah MI Safaliyah Barek, Pucanganom Kebonsari Madiun ini menggunakan media pembelajaran yang berbasis Youtube, yang mana menampilkan video dari youtube ini untuk mempermudah dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagai upaya peningkatan pemahaman dan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya melalui media youtube ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik di kelas dan dari nilai keterampilan dan nilai semester peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis youtube pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun, (2) untuk mendeskripsiskan keterkaitan media sosial youtube pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun, (3) untuk mendeskripsiskan hasil belajar peserta didik penerapan penggunaan media sosial youtube pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun. Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data-data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles and Huberman yang menyederhanakan kegiatan analisis data menjadi beberapa bagian yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Penggunaan media sosial youtube sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Barek Pucanganom Kebonsari Madiun yaitu guru memutarkan video sesuai materi yang akan diberikan dan diberikan penjelasan mengenai isi dari video tersebut.(2) Keterkaitan penggunaan media sosial youtube dengan mata pelajaran seni budaya dan prakarya sebagai media pembelajaran dinilai sangat tepat dikarenakan banyaknya isi dan konten yang tersedia pada aplikasi youtube yang memudahkan guru untuk memberikan video mengenai materi yang disampaikan. (3) Hasil belajar peserta didik dari penggunaan media sosial youtube pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya dapat dilihat dari semangat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas, peserta didik terlihat aktif saat proses kegiatan berjalan dengan menggunakan media, hasil belajar peserta didik semakin meningkat, hal ini dapat ditinjau hasil nilai ujian yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:06
Last Modified: 21 Jun 2023 06:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24963

Actions (login required)

View Item View Item