IMPLEMENTASI MODEL ACCELERATED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI AKIDAH AKHLAQ DI MTsN 4 BOJONEGORO

Nisa', Emielda Ayu Dewi Choirun (2023) IMPLEMENTASI MODEL ACCELERATED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI AKIDAH AKHLAQ DI MTsN 4 BOJONEGORO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190352_ EMIELDA AYU EWI CHOIRUN NISA'_ PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nisa’,Emielda Ayu Dewi Choirun, 2023. Implementasi Model Accelerated Learning dalam Mengoptimalkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Akidah Akhlaq di MTsN 4 Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Mukhibat M.Ag.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Accelerated Learning, Daya Ingat Siswa, Akidah Akhlaq

Konsep "Accelerated Learning" mengacu pada pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar yang efektif. Model pembelajaran baru ini dimaksudkan untuk membantu siswa belajar lebih cepat dari sebelumnya, memungkinkan mereka untuk menyimpan lebih banyak informasi yang diberikan oleh guru mereka. Permasalahan yang kerap terjadi dimana siswa-siswa masih memiliki daya ingat yang rendah dalam materi Akidah Akhlaq. Dengan demikian model Accelerated Learning. Dalam model Accelerated Learning ini, ketika guru dapat menerapkanya dalam proses belajar megajar, guru dapat membantu siswa dalam menghafal materi yang diajarkan dengan lebih baik. Daya ingat sangat penting bagi siswa usia sekolah mengingat materi yang disampaikan guru. Dan juga menjadi tugas guru untuk membantu siswa dalam menghafal materi dengan baik, karena dengan daya ingat yang lebih baik maka siswa juga akan lebih mudah dalam belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pelaksanaan model Accelerated Learning, daya ingat siswa pada materi pembelajaran Akidah Akhlaq dan implementasi model Accelerated di MTsN 4 Bojonegoro.
Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field reseach). pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model Accelerated Learning di MTsN 4 Bojonegoro mengutamakan partisipasi aktif siswa dengan tahapan persiapan materi pelajaran, pengenalan konsep, penyajian materi, pembentukan kelompok, kolaborasi dan diskusi, presentasi hasil kerja, dan refleksi. Implementasi model Accelerated Learning pada Pendidikan Agama Islam di MTsN 4 Bojonegoro memiliki beberapa tahap, antara lain persiapan awal, launching, programming, review, dan closing. Pada tahap persiapan awal, karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, dan lingkungan belajar dianalisis untuk merancang kurikulum dan materi pembelajaran yang efektif dan relevan. Pada tahap launching, pengenalan metode pembelajaran dapat membantu siswa memahami dan menerima metode pembelajaran baru dengan lebih baik. Kepada Guru perlu memahami dengan baik konsep dan prinsip-prinsip dasar dari model Accelerated Learning dan kepada Siswa perlu memperhatikan dan mengikuti seluruh proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:05
Last Modified: 21 Jun 2023 06:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24961

Actions (login required)

View Item View Item