Implementasi Media Pembelajaran Kolase dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Rupa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Askuriyah, Anis Nurul Hidayati (2023) Implementasi Media Pembelajaran Kolase dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Rupa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205190002_Anis Nurul Hidayati A_Pendidikan Islam Anak Usia Dini.pdf

Download (3MB)

Abstract

Askuriyah, Anis Nurul Hidayati 2023, Implementasi Media Pembelajaran Kolase dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Rupa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Ratna Nila Puspitasari, M.Pd.

Kata Kunci: Pembelajaran Kolase, Kemampuan Seni Rupa, Anak Usia Dini
Dalam mengembangkan seni rupa anak salah satunya dengan pembelajaran kolase, di TK Muslimat NU 001 Ponorogo merupakan sekolah yang sangat memperhatikan perkembangan seni anak. Melalui pembelajaran kolase ini anak dituntut untuk kreatif, mengembangkan imajinasinya sendiri dengan menghasilkan karya yang baru.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembelajaran kolase di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi media pembelajaran kolase dalam memgembangkan kemampuan seni rupa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Dan (3) Mengetahui capaian perkembangan kemampuan seni rupa anak usia dini setelah guru mengimplementasikan media pembelajaran di TK Muslimat NU 001 Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto pembelajaran kolase, foto rpp dan lain-lain. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik Milles dan Hiberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian.
Adapun hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran kolase di TK Muslimat NU 001 Ponorogo adalah kegiatan yang menarik dan menyenangkan bagi anak, kegiata ini tidak setiap hari dilaksanakan di TK Muslimat NU 001 Ponorogo tetapi mengacu pada tema embelajaran dan modul ajar yang telah dijadwalkan sebelumnya. Pembelajaran kolase ini cukup mudah dilakukan pada anak yang mana media yang digunakan aman dan mudah didapat dan kolase ini adalah kegiatan tempel menempel dengan berbagai jenis bahan pada pola gambar. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat implementasi media pembelajaran kolase dalam mengembangkan kemampuan seni rupa anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo adalah faktor pendukungnya berupa kegiatan kolase cukup menyenangkan bagi anak, bahan-bahannya pun mudah didapat dan tentu pembelajaran ini tidak membahayakan anak. Adapun hambatannya anak lebih aktif di kelas dengan bertengkar berebut media yang sudah di bagikan oleh guru sebelumnya sehingga ada anak yang belum selesai mengerjakan tugasnya sesuai waktu yang telah disepekati bersama, tetapi dari hambatan tersebut jarang terjadi pada anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. (3) capaian perkembangan kemampuan seni rupa anak usia dini setelah guru mengimplementasikan media pembelajaran di TK Muslimat NU 001 Ponorogo bisa dikatakan baik dan bisa mengembangkan kemampuan seni rupa anak, dengan banyak berlatih dan membuat anak akan menghasilkan suatu karya yang indah dan menarik. Anak diajak untuk turut belajar langsung dan menciptakan suatu karya dari hasilnya sendiri yang mungkin karya tersebut belum mereka temui sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Nila Puspitasari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:04
Last Modified: 21 Jun 2023 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item