Pengaruh Implementasi Program Double Track Dan Efikasi Diri Terhadap Keterampilan Ekonomi Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jetis

Cahyani, Selvi Setya (2023) Pengaruh Implementasi Program Double Track Dan Efikasi Diri Terhadap Keterampilan Ekonomi Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jetis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-thesis 206190066 SELVI SETYA CAHYANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cahyani, Selvi Setya. 2023. Pengaruh Implementasi Program Double Track dan Efikasi Diri terhadap Keterampilan Ekonomi Kreatif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Jetis. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Panggih Wahyu Nugroho, M. Pd.
Kata Kunci: Program Double Track, Efikasi Diri, Ketrampilan Ekonomi Kreatif
Untuk mendapatkan lulusan yang memiliki kecakapan dan kompeten dalam berbagai bidang, maka diperlukan pendidikan yang berkualitas. Perkembangan keterampilan peserta didik diperlukan untuk bekal masa depan dalam dunia kerja dan usaha. Solusi yang dilakukan oleh Provinsi jawa Timur yakni dengan adanya program unggulan dalam Bidang Pendidikan yakni SMA Double Track. Program Double Track sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan peserta didik SMA agar memiliki keterampilan ekonomi kreatif sebagai bekal masa depan apabila tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan dapat mengimplementasikan keterampilan yang dimiliki dengan efikasi diri yang tinggi setelah mengikuti Program Double Track. Dari hasil observasi mayoritas peserta didik tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi sehingga tidak mampu bersaing di dunia kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis (1) pengaruh implementai program Double Track terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis; (2) pengaruh efikasi diri terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis; (3) implementasi program Double Track dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Jetis. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian populasi karena sampel kurang dari 100. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen yang ada dalam model mempunyai pengaruh yang nyata terhadap variabel dependen menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan teknik analisis data untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh implementasi program Double Track (X₁) dan efikasi diri (X₂) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik (Y) menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) implementasi program Double Track berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis, dengan persentase sebesar 7,8%. (2) Efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis, dengan persentase sebesar 70,1%. (3) Implementasi program Double Track dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keterampilan ekonomi kreatif peserta didik di SMA Negeri 1 Jetis, dengan persentase sebesar 72,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:00
Last Modified: 21 Jun 2023 06:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24950

Actions (login required)

View Item View Item