..(FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG)..Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri 1 Ngawi

Aprilina, Hani (2023) ..(FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG)..Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprilina, Hani. 2023. Strategi Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SLB Negeri Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Syaiful Arif, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAI, ABK Tunagrahita

Anak Berkebutuhan khusus memiliki karakteristik dan potensi yang sudah dimilikinya sejak lahir. Dalam pendidikan semua anak berhak mendapatkan ilmu pengetahuan dengan perhatian yang khusus. SLB Negeri 1 Ngawi menerima siswa berkebutuhan khusustunagrahita yang memiliki IQ dibawah rata-rata. Kurangnya tingkat pemahaman dan konsentrasi dalam berkomunikasi maupun menyerap pengetahuan menjadi hal khusus tersendiri. Sebagai guru harus melakukan upaya agar siswa yang mengalami kesulitan belajar terutama mata pelajaran PAI dapat terpecahkan dengan strategi yang tepat.
Penelitian ini terkait strategi pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita mata pelajaran PAI di SLB Negeri 1 Ngawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, untuk mendeskripsikan implikasi dan evaluasi pembelajaran PAI, dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran terhadap anak berkebutuhan khusus tunagrahita mata pelajaran PAI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang sifatnya deskriptif kualitatif. alat yang digunakan dalam pengumpulan data sesuai dengan masalah yang akan diteliti diantaranya adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis Miles, Hiberman, Saldana, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi demonstrasi, strategi ini menekankan pada praktik, yang kedua adalah strategi modifikasi perilaku yang mana untuk mengubah perilaku siswa ke arah yang lehi baik dengan memberikan pujian, dan yang ketiga adalah strategi yang menyenangkan yaitu bermain, menyanyi dan cerita (BMC), strategi ini dapat menumbuhkan semangat siswa agar tidak merasa bosan dan jenuh. 2) Implikasi pembelajaran PAI pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Ngawi adalah adanya perubahan dan kemajuan siswa dalam pembelajaran, sehingga dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian untuk evaluasi yang dilakukan yaitu dalam bentuk tes tulis, praktek dan lisan. Pelaksanaan ini disesuaikan pada tingkat kemampuan siswa. 3) Faktor pendukung yang menunjang keberhasilan pembelajaran adalah siswa, keluarga terutama peran orangtua, dan guru. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu masalah belajar siswa pada kemampuan berpikirnya, penyesuaian diri pada lingkungan, serta bahasa yang sederhana dan bicara anak yang kurang jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:56
Last Modified: 21 Jun 2023 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item