Pola Asuh Pengurus Pondok dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi

Lisnawati, Hanika Ulfiatul (2023) Pola Asuh Pengurus Pondok dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190377_HANIKA ULFIATUL LISNAWATI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lisnawati, Hanika Ulfiatul. 2023. Pola Asuh Pengurus Pondok dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pola Asuh, Pengurus Pondok, Kemandirian Santri

Pola asuh atau parenting merupakan bagian terpenting dalam pembentukan tingkah laku dan karakter anak yang tentunya ini merupakan kewajiban dari setiap orang tua. Kemandirian berarti kemampuan untuk bertindak berdasarkan pertimbangan sendiri dan untuk bertanggung jawab atas tindakan tersebut, kemampuan untuk membuat keputusan dan mengatur hidupnya sendiri tanpa ketergantungan berlebihan dengan orang tua, serta kemampuan untuk tetap menjaga hubungan yang suportif dengan orang lain. Sebagian dari orang tua mencari jalan alternatif dengan mempercayakan lembaga pendidikan Islam yaitu pondok pesantren sebagai sarana untuk mendidik, membina, mengasuh anaknya agar menjadi pribadi yang memiliki sikap mandiri. Pondok pesantren menjadikan pengurus pondok sebagai wakil dari orang tua yang dapat membentuk pribadi ataupun karakter yang baik serta kemandirian santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis model pola asuh yang diterapkan pengurus pondok dan upayanya dalam menumbuhkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi; (2) Mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pola asuh pengurus pondok dalam menumbuhkan kemandirian santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi; dan (3) Mendeskripsikan implikasi dari pola asuh pengurus pondok pada kemandirian santri di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi.
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ketekunan/keajegan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) Pola asuh yang digunakan oleh pengurus pondok dalam menumbuhkan kemandirian santri yaitu pola asuh otoriter semi demokratis yang artinya gabungan antara pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis yang lebih cenderung menggunakan pola asuh demokratis. 2) Faktor pendukung pola asuh pengurus pondok dalam menumbuhkan kemandirian santri meliputi rasa percaya diri santri; kebiasaan santri; pola asuh orang tua; sistem pendidikan yang ditempuh dan sistem kehidupan di lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat meliputi kebiasaan santri ketika dibantu dan dilayani; sikap orang tua yang memanjakan; kurangnya kegiatan; dan peranan anggota lain. 3) Implikasi dari pola asuh pengurus pondok pada kemandirian santri yaitu pengurus pondok lebih mudah untuk mengaturnya. Santri akan terbiasa untuk bertanggung jawab, tidak manja, mampu mandiri dalam disiplin waktu dan santri dapat mandiri untuk berinteraksi maupun bersosialisasi dengan orang lain, berani untuk mengutarakan pendapat di depan umum, dewasa dalam melakukan kegiatan, santri dapat mengontrol diri dengan baik. Selain itu, implikasi yang muncul adalah santri percaya akan kemampuan diri; santri memiliki motivasi atau dorongan untuk bertindak yang berasal dari dalam individu; santri kreatif dan inovatif; santri bertanggung jawab atau menerima konsekuensi terhadap risiko tindakannya; santri tidak akan bergantung pada orang lain; dan tetap mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:53
Last Modified: 21 Jun 2023 05:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24947

Actions (login required)

View Item View Item