Analisis Konsentrasi Belajar Berdasarkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II di MI Ma'arif Mojopurno Magetan Tahun Pelajaran 2022/2023

Nurmawati, Fika (2023) Analisis Konsentrasi Belajar Berdasarkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II di MI Ma'arif Mojopurno Magetan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190145_Fika Nurmawati_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurmawati, Fika. 2023. Analisis Konsentrasi Belajar Berdasarkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II di MI Ma’arif Mojopurno Magetan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi belajar dalam proses pembelajaran yang khususnya pada pembelajaran matematika. Belajar merupakan suatu perubahan yang ada pada kepribadian manusia dan dapat ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas pengetahuan. Konsentrasi belajar merupakan pemusatan perhatian pada pelajaran sehingga perhatian tersebut dapat tertuju pada isi bahan belajar maupun proses yang diperolehnya. Pembelajaran akan mudah diterima apabila suasana kelas menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat konsentrasi belajar siswa kelas II MI Ma’arif Mojopurno Magetan pada proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui bagaimana konsentrasi belajar siswa yang hasil belajar matematikanya tinggi, sedang, dan rendah. Tujuan penelitian lainnya juga untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar dengan hasil belajar matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari teknik purposive sampling dengan melihat hasil belajar siswa, kemudian hasil tersebut diklarifikasi kedalam kriteria hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek A mendapatkan hasil belajar tinggi dengan memenuhi 8 indikator konsentrasi, penghitungan skala Guttman 16 dan mendapatkan skor 80 sehingga tergolong tingkat konsentrasi tinggi, (2) Subjek B mendapatkan hasil belajar yang sedang dengan memenuhi 7 indikator konsentrasi, penghitungan skala Guttman 14 dan mendapatkan skor 70 sehingga tergolong tingkat konsentrasi sedang, (3) Subjek C mendapatkan hasil belajar rendah dengan memenuhi 7 indikator konsentrasi, penghitungan skala Guttman 10 dan mendapatkan skor 50 sehingga tergolong tingkat konsentrasi rendah, (4) Faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal lainnya minimnya siswa yang tidak sarapan pagi sehingga hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Faktor eksternal ini bersumber dari luar individu seperti faktor waktu. Pemberian jeda pada pembelajaran sangatlah penting karena siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu dengan guru dapat memberikan motivasi pada siswa agar rasa semangat belajar pada siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:53
Last Modified: 21 Jun 2023 05:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24946

Actions (login required)

View Item View Item