Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik di MA Putri Ma'arif Ponorogo

Khamidah, Siti Nur (2023) Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha sebagai Bentuk Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik di MA Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190265_Siti Nur Khamidah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya penguatan karakter yang melekat dalam diri peserta didik berdasarkan tuntunan ajaran agama Islam. Karena tuntutan perubahan zaman semakin meningkat, maka pemberian nilai religius juga perlu ditingkatkan. Bagi setiap lembaga pendidikan, terutama di MA Putri Ma`arif Ponorogo senantiasa mengutamakan keberhasilan dalam mendidik peserta didik agar permasalahan karakter dapat diminimalisir. Fenomena yang ditemui dimana beberapa peserta didik masih perlu diingatkan untuk melaksanakan shalat dhuha, karena kurangnya kesadaran dari dalam dirinya. Dalam upaya meningkatkan karakter religius dalam diri peserta didik, implementasi shalat dhuha dijadikan kebiasaan yang rutin dijalankan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha di MA Putri Ma`arif Ponorogo. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat pembiasaan shalat dhuha sebagai bentuk pengembangan karakter religius peserta didik di MA Putri Ma`arif Ponorogo, dan 3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan implikasi pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha sebagai bentuk pengembangan karakter religius peserta didik di MA Putri Ma`arif Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini diantaranya perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi dengan mengunakan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) di MA Putri Ma`arif Ponorogo, pembentukan karakter yang terpatri dalam diri peserta didik begitu penting disadari. Selain memberikan pengajaran di dalam kelas, terdapat kegiatan sebagai pembiasaan yang rutin dijalankan untuk meningkatkan kualitas diri, kepribadian, maupun tingkah laku peserta didik. 2) faktor penghambat pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha seperti cukup sulit dalam membagi waktu serta peserta didik sering beralasan untuk tidak mengikuti shalat, terlebih absensi kurang berjalan akhir-akhir ini, dan 3) implikasi melaksanakan pembiasaan shalat dhuha dapat mengembangkan karakter religius dengan memiliki sikap dan kepribadian yang memuat nilai moral, seperti dapat menciptakan rasa damai, meningkatkan kerja sama, saling menghargai perbedaan, dan memperkuat sikap istiqomah dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:58
Last Modified: 20 Jun 2023 08:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24941

Actions (login required)

View Item View Item