Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo

Al Kharomi, Aziz (2023) Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190010_Aziz Al Kharomi_Tadris IPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Al Kharomi, Aziz. 2023. Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M. Ed.
Kata kunci : Peran ekstrakurikuler, karakter, mandiri, pramuka
Pembentukan pendidikan karakter adalah hal yang harus dilakukan pada anak-anak atau peserta didik agar menghasilkan generasi yang unggul dan berkualitas. Karakter mandiri adalah bagian dari nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan dan dibentuk kepada para siswa yang dalam pembentukannya menggunakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Dalam kegiatannya harus memiliki unsur pendidikan karakter yang dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan, menarik, dan juga menantang serta melibatkan para pembina pramuka yang nantinya akan membentuk pendidikan karakter pada siswa terutamanya pada karakter mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mampu menganalisis cara pembentukan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di SMP Negeri 2 Ponorogo. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter mandiri siswa SMP Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif. Adapun tahapannya yaitu pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter mandiri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ponorogo dengan mengaplikasikan pembiasaan yang dilakukan oleh pembina pramuka dan juga memberikan reward dan punishment (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter mandiri siswa yaitu: faktor pendukung (fasilitas atau sarana dan prasarana dan juga pebiasaan yang dilakukan oleh pambina pramuka), faktor penghambat (kesadaran diri dan dukungan orang tua).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:56
Last Modified: 20 Jun 2023 08:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24938

Actions (login required)

View Item View Item