Penanaman Karakter Religius Dan Disiplin Melalui Kegiatan Apel Kamis Studi Kasus Di Kelas 4 Dan 5 MIN 7 Ponorogo

Maysaroh, Dwi (2023) Penanaman Karakter Religius Dan Disiplin Melalui Kegiatan Apel Kamis Studi Kasus Di Kelas 4 Dan 5 MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190035_Dwi Maysaroh_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maysaroh, Dwi. 2023. Penanaman Karakter Religius dan Disiplin Melalui Kegiatan Apel Kamis Studi Kasus di Kelas 4 dan 5 MIN 7 Ponorogo. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: M. Fathurahman, M.Pd.I
Kata Kunci: Karakter Religius, Karakter Disiplin, Apel Kamis.
Sekolah sebagai perwujudan dari lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang
sangat besar dalam mengembangkan dan menanamkan pendidikan karakter, salah satunya
adalah karakter religius dan disiplin. Karakter religius dibutuhkan peserta didik agar memiliki
perilaku yang baik dan budi pekerti yang luhur, serta karakter disiplin untuk mendorong peserta
didik menjadi pribadi yang tertib dan teratur. Sebagaimana di MIN 7 Ponorogo, upaya
penanaman karakter religius dan disiplin dilakukan melalui pembiasaan rutin Apel Kamis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Apel Kamis, hasilnya
terhadap karakter religius dan disiplin peserta didik, serta untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambatnya.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model
Milles dan Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Di MIN 7 Ponorogo terdapat kegiatan Apel
Kamis yang memiliki tujuan untuk menanamkan karakter religius dan disiplin. Kegiatan ini
dilakukan setiap hari Kamis dengan durasi waktu mulai 07.00-07.30, namun terdapat tambahan
waktu dalam kondisi tertentu. Kegiatan ini merupakan bagian dari intern madrasah yang
dirancang dengan berbagai aktivitas yang ada di dalamnya. elaksanaan Apel Kamis dilakukan
dengan beberapa aktivitas antara lain do’a, hafalan atau muraja’ah, membaca asmaul husna dan
sholawat nariyah, nasihat dari ustadz atau ustadzah dan pembiasaan akhlak, serta pemeriksaan
kebersihan, kerapian, dan ketertiban. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan Apel Kamis
dalam menanamkan karakter religius dan disiplin kepada peserta didik adalah lingkungan
madrasah yang kondusif karena terdapat kerja sama warga madrasah yang baik, sarana dan
prasarana yang memadai, peserta didik yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan, tenaga
pendidik yang kompeten, serta orang tua yang mendukung dan mendorong peserta didik untuk
aktif dalam kegiatan Apel Kamis. Adapun faktor penghambatnya adalah dari dalam beberapa
peserta didik itu sendiri, sehingga belum mengikuti kegiatan dengan baik, beberapa orang tua
kurang memberi dukungan, dan hal-hal tidak terduga seperti hujan deras, serta perangkat
pengeras suara yang mengalami kendala. (3) Hasilnya terhadap karakter religius sudah baik,
salah satunya dapat dilihat ketika peserta didik terbiasa memulai segala sesuatu dengan berdo’a
khusu’, membantu orang tua, menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Adapun hasilnya
terhadap karakter disiplin antara lain datang ke madrasah tepat waktu, melaksanakan piket
kelas, memakai seragam dan atribut lengkap, peserta didik terbiasa berbaris dengan rapi.
berbaris dengan rapi, dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:55
Last Modified: 20 Jun 2023 08:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24937

Actions (login required)

View Item View Item