Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa dalam Belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Shofiyatun, Siti Nur (2023) Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Kedisiplinan Siswa dalam Belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190462_SITI NUR SHOFIYATUN_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Shofiyatun, Siti Nur. 2023. Hubungan Antara Lingkungan Sekolah Dengan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd.

Kata Kunci: Lingkungan sekolah, kedisiplinan siswa dalam belajar

Disiplin belajar adalah bentuk pengendalian seorang individu terhadap suatu aturan yang di tetapkan oleh individu tersebut, maupun orang dari luar yang kemudian dicerminkan dalam perbuatan dan tingkah laku sebagai bentuk kesadaran dalam diri bahwa taat terhadap peraturan memiliki manfaat yang besar bagi keberhasilan dalam dirinya sendiri. Dalam membentuk karakter disiplin belajar siswa, salah satu faktor yang berperan penting adalah lingkungan sekolah. Sehingga ketika lingkungan sekolah baik dan nyaman untuk berlangsungnya kegiatan pembelajaran maka kedisiplinan siswa juga akan baik. Kaitannya dengan kedisiplinan siswa dalam belajar, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti khususnya pada salah satu kelas X SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, peneliti menemukan pelanggaran atau perilaku yang menyimpang dari tata tertib yang dilakukan siswa khususnya pada saat mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui lingkungan sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. 2) untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dan 3) untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sekolah dengan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakann metode kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random atau acak dengan jumlah sampel sebanyak 130 sampel dari populasi sebanyak 229. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistika korelasi product moment.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Lingkungan sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo memiliki kategori cukup baik dengan presentase 70%; 2) Kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas memiliki kategori cukup baik dengan presentase 66,9%; 3) lingkungan sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan kedisiplinan siswa dalam belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dengan tingkat hubungan/korelasi sedang yaitu dengan nilai pearson correlation sebesar 0,557 dan hubungan/korelasi bersifat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:52
Last Modified: 20 Jun 2023 08:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24936

Actions (login required)

View Item View Item