Implementasi Materi Fiqih Bab Shalat Dalam Upaya Mengembangkan Psikomotorik Peserta Didik (Studi Kasus di Kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo)

Widayanti, Dita Ria (2023) Implementasi Materi Fiqih Bab Shalat Dalam Upaya Mengembangkan Psikomotorik Peserta Didik (Studi Kasus di Kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190034_Dita Ria Widayanti_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Widayanti, Dita Ria. 2023. Implementasi Materi Fiqih Bab Shalat Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik (Studi Kasus di Kelas II MI Ma’arif Cekok
Babadan ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: M.Fathurrahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Implementasi, Materi Fiqih, Bab Shalat, Psikomotorik
Aspek psikomotorik juga sangat penting digunakan dalam setiap proses
pembelajaran karena aspek ini untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta
didik dalam mengolah suatu materi pembelajaran. Dalam materi fiqih bab shalat di MI
Ma’arif Cekok di Kelas II, saat ini peserta didik sudah terampil dalam melakukan
gerakan shalat dilihat dari hasil pembelajaran bab shalat, yang dilakukan dengan cara
praktek tersebut membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan efektif dalam melakukan
pembelajaran terutama pada materi fiqih bab shalat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan suatu perencanaan materi
fiqih bab shalat dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik peserta didik, dan
mendeskripsikan proses pelaksanaan serta hasil pengembangan kemampuan
psikomotorik dalam materi fiqih bab shalat di kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan
Ponorogo.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif,
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum,
waka kesiswaan, guru fiqih kelas II, dan perwakilan peserta didik kelas II. Teknik
analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran materi fiqih
bab shalat di kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo diawali dengan penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yang meliputi tujuan pembelajaran, indikator,
dan standar kompetensi pembelajaran. RPP dalam hal ini sebagai acuan ataui sceinario
yang didalamnya terdapat materi pembelajaran, metode, media/alat, sumber belajar, dan
evaluasi hasil pembelajaran. (2) Proseis peilaksanaan mateiri fiqih bab shalat di kelas II
MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo dalam mengembangkan kemampuan
psikomotorik peserta didik teirdiri dari keigiatan peindahuiluian, keigiatan inti, dan keigiatan
peinuituip. Pada keigiatan peindahuiluian guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
Keimuidian pada keigiatan inti guirui meilaksanaan peimbeilajaran seisuiai deingan kuirikuiluim
yang dibuiat dalam RPP, dengan melakukan praktek shalat yang dilakukan dengan cara
berjamaah dan individu. Seidangkan dalam keigiatan peinuituip guru melakukan refleksi
materi fiqih bab shalat. (3) Hasil capaian kemampuan psikomotorik peserta didik dalam
materi fiqih bab shalat di kelas II MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo, sudah terjadi
koordinasi antara gerak dasar shalat mulai dari takbiratul ihram, rukuk, iktidal, sujud,
duduk diantara dua sujud, duduk tahiat akhir, dan salam. Dimana gerakan shalat tersebut
sudah ada perpaduan antara motorik kasar dan halus, namun ada beberapa peserta didik
dalam melakukan gerakan shalat belum dilaksanakan dengan sempurna, peserta didik
bermain sendiri, dan suka jahil kepada temannya saat melaksankan praktek shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:50
Last Modified: 20 Jun 2023 08:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24935

Actions (login required)

View Item View Item