Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada Jama'ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo

Arlyanti, Mujita Dea (2023) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada Jama'ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_201190177 MUJITA DEA ARLYANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arlyanti, Mujita Dea. 2023. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada
Jama`ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan
Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad
Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Penanaman, nilai-nilai pendidikan aswaja, Jama`ah Masjid Al-Annur.
ASWAJA (Ahlussunnah wal Jama’ah) an Nahdliyah merupakan ajaran
yang menganut faham sunni. Dalam ajaran ini terdapat beberapa nilai yang sangat
penting untuk diterapkan dalam kehidupan sosial, yakni tawasuth, I’tidal,
tasammuh, tawazun, dan amar ma’ruf nahi munkar. Dukuh Krajan adalah salah satu
Dukuh yang ada di Desa Ngrayun yang mayoritas masyarakatnya menganut ajaran
Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah. Mayoritas remaja mengikuti kegiatan
jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun. Jama`ah Masjid AlAnnur teridentifikasi belum memahami mengenai nilai-nilai aswaja yang
seharusnya sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jama`ah Masjid AlAnnur di Dukuh tersebut mayoritas mengikuti kegiatan keagamaan akan tetapi
masih kurang dalam penerapan nilai-nilai aswaja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) persepsi nilai-nilai
pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa
Ngrayun, (2) proses penanaman nilai-nilai pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid
Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun, (3) dampak penanaman nilai-nilai
pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa
Ngrayun.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data
dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan
penelitian berasal dari kepala dukuh, ketua yasin/tahlil, dan pengurus remaja masjid
Al-Annur Dukuh Krajan, Desa Ngrayun. Data hasil penelitian kemudian dianalisis
menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian
data (Display data), dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi nilai-nilai
pendidikan aswaja pada jama`ah Masjid Al-Annur ada empat yaitu tawasuth,
I`tidal, tawazun dan tasamuh. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan aswaja pada
jama`ah Masjid Al-Annur Dukuh Krajan, Desa Ngrayun yaitu melalui program
kegiatan keagamaan dengan tahap moral knowing untuk memberi pemahaman
terkait tawasuth, i`tidal, tawazun dan tasamuh, moral feeling memberikan rasa
empati, simpati terhadap sesama. Dan moral action dengan mengajak jama`ah
untuk melakukan kegiatan sesuai dengan 4 pilar nilai pendidikan aswaja. Sehingga
memberikan dampak positif terhadap sikap sosial para jama`ah. Sikap sosial yang
positif ini berupa perilaku atau tindakan yang tidak berat sebelah dalam bergaul
artinya tidak memandang latar belakang atau perbedaan yang ada sehingga muncul
rasa empati dan toleransi dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:11
Last Modified: 20 Jun 2023 05:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24929

Actions (login required)

View Item View Item