Analisis Kepercayaan Orang Tua Terhadap Lembaga Formal Umum dan Formal Berbasis Agama islam (Studi Kasus di Dusun Bendo, Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan)

Sari, Wahyu Indah Permata (2023) Analisis Kepercayaan Orang Tua Terhadap Lembaga Formal Umum dan Formal Berbasis Agama islam (Studi Kasus di Dusun Bendo, Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
THESIS 210316330 WAHYU INDAH PERMATA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sari, Wahyu Indah Permata. 2023. Analisis Kepercayaan Orangtua Terhadap Lembaga Formal Umum Dan Formal Berbasis Agama Islam Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Di Dusun Bendo Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Prof. Dr. Hj. S Maryam Yusuf, M. Ag.

Kata Kunci: Kepercayaan, Keputusan orang tua, pendidikan.
Semua orang tua tentu mendambakan yang terbaik bagi anak-anaknya dalam hal pendidikan. Ini termasuk tanggung jawab orang tua untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan, perkembangan, dan kesejahteraan anak mereka demi kepentingan terbaik anak mereka. Orang tua memiliki kepercayaan dan keputusan untuk mengekspresikan preferensi mereka terhadap sekolah tertentu yang mereka inginkan untuk dihadiri oleh anak-anak mereka. Mereka dapat memanfaatkan pengetahuan pribadi untuk anak-anak mereka dan memungkinkan persaingan yang lebih baik antara siswa dan sekolah daripada distrik sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui faktor yang mempengaruhi kepercayaan orang tua dalam memilih lembaga formal umum di Dusun Bendo Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi kepercayaan orang tua dalam memilih lembaga formal berbasis agama islam di Dusun Bendo Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenisnya studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan catatan lapangan mengenai faktor yang mempengaruhi kepercayaan orang tua dalam memilih lembaga formal umum dan formal berbasis agama islam di Dusun Bendo Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Mengambil beberapa sampel orang tua yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang dinginkan penulis, yakni orang tua yang memiliki anak yang bersekolah di lembga formal umum dan formal berbasis agama Islam. Data dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yang memungkinkan penarikan simpulan dan dicek keabsahannya menggunakan tehnik trianggulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi orang tua dalam memilih lembaga pendidikan umum adalah adalah faktor instrinsik, ekstrinsik, faktor kepercayaan orang tua terhadap lembaga tersebut dan faktor yang mempengaruhi orang tua memilih lembaga pendidikan berbasis agama Islam adalah Faktor-faktor orang tua memilih lembaga pendidikan berbasis agama alah faktor ekonomi, faktor keluarga dan faktor agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:50
Last Modified: 20 Jun 2023 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item View Item