... (SILAKAN PERBAIKI DENGAN: 1. LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN TTD ASLI, 2) GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, 3) LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN, UPLOAD ULANG)... Pandangan Al-Qur’an Terhadap Gerakan Buruh Melawan Sistem Kapitalisme (Kajian Tafsir Tematik tentang Ayat-Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Gerakan Buruh dalam Melawan Sistem Kapitalisme)

Sholikhin, Fandy (2023) ... (SILAKAN PERBAIKI DENGAN: 1. LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN TTD ASLI, 2) GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, 3) LENGKAPI MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN, UPLOAD ULANG)... Pandangan Al-Qur’an Terhadap Gerakan Buruh Melawan Sistem Kapitalisme (Kajian Tafsir Tematik tentang Ayat-Ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Gerakan Buruh dalam Melawan Sistem Kapitalisme). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI FANDY Fix upload.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fandy Choirul Sholikin. Pandangan Al-Qur’an Terhadap Gerakan Buruh Melawan Sistem Kapitaslisme (Kajian Tafsir Tematik Tentang Ayat-Ayat Al-Qur’an Yang Berkaitan Dengan Gerakan Buruh Dalam Melawan Sistem Kapitalisme)

Kata Kunci: Tafsir Tematik, Gerakan Buruh
Penelitian ini menggunakan metode penelitian library riset, yakni mengorganisir data-data yang terdapat dalam teks Al-Qur’an dan pendapat ulama tafsir serta menggunakan berbagai literatur dan undang-undang perburuhan sebagai data sekunder. Tujuan penelitian ini sebagai berikut:1) Menggali serta memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang buruh. Apa saja hak-haknya, seperti apa buruh harus diperlakukan, dan mengetahui landasan dasar kaum buruh melawan sistem kapitalisme; 2) Menggali serta memahami pandangan ayat-ayat Al-Qur’an terhadap sistem kapitalisme. Mengetahui apa itu sistem kapitalisme, seperti apa sistem ini berjalan, dan mengapa sistem kapitalisme menjadi musuh kaum buruh;3) Mengetahui bagaimana pandangan ayat-ayat Al-Qur’an terhadap gerakan kaum buruh yang melawan sistem kapitalisme.
Al-Qur’an dan Hadist nabi menunjukkan keberpihakan terhadap mustad’afin dengan menegaskan pemenuhan atas mereka. Hak atas upah, hak atas kehidupan yang layak, beban kerja dan mekanisme perburuhan yang harus diatur berdasarkan perjanjian atau akad bersama. Ilsam melarang pemodal berlaku semena-mena terhadap buruh dan menuntut perlakuan setara dengan landasan kemanusiaan. Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin sangat memperhatikan kaum mustad’afin (buruh) yang memiliki kehormatan sebagaimana manusia lainnya. Islam melarang adanya penindasan dan eskploitasi terhadap buruh dan berbuat dzalim kepada mereka dengan tidak memberikan hak mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:48
Last Modified: 20 Jun 2023 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item View Item