Peran Guru PAUD Laki-Laki dalam Membangun Karakter Disiplin Anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo

Laela, Minatul Nur (2023) Peran Guru PAUD Laki-Laki dalam Membangun Karakter Disiplin Anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MINATUL NUR LAELA 205190033.pdf

Download (6MB)

Abstract

Laela, Minatul Nur. 2023. Peran Guru PAUD Laki-Laki dalam Membangun Karakter Disiplin Anak di TK Muslimat 001 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.

Kata Kunci: Peran Guru, Guru PAUD Laki-Laki, Karakter Disiplin
Peran guru merupakan tugas seseorang untuk mengembangkan materi pembelajaran, merencanakan serta mempersiapkan kegiatan, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan peserta didik. Peran guru di PAUD tidak hanya perempuan, namun juga membutuhkan peran guru PAUD laki-laki dalam lembaga untuk memberikan kontribusi yang sangat besar untuk perkembangan anak usia dini. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, guru PAUD laki-laki di Ponorogo sangat sedikit dibandingkan perempuan serta capaian peningkatan karakter disiplin anak ini membutuhkan peran guru PAUD laki-laki untuk menjadi role model dan sosok ayah ketika di sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru PAUD laki-laki sebagai pendidik dalam meningkatkan karakter disiplin anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; (2) mendeskripsikan peran guru PAUD laki-laki sebagai pembimbing dalam meningkatkan karakter disiplin anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan capaian tingkat perkembangan karakter disiplin anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data kualitatif mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) peran guru PAUD laki-laki sebagai pendidik dalam meningkatkan karakter disiplin yaitu menjadi contoh, panutan, teladan yang baik bagi anak serta menanamkan maskulinitas sebagai anak laki-laki; (2) peran guru PAUD laki-laki sebagai pembimbing dalam meningkatkan karakter disiplin anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo adalah menekankan pada tiga kewajiban yaitu asah, asih, dan asuh pada anak, memberikan motivasi serta membuat kesepakatan antara guru PAUD laki-laki dengan anak; dan (3) capaian perkembangan karakter disiplin anak di TK Muslimat NU 001 Ponorogo secara umum sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH), namun masih ada anak yang belum berkembang secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:06
Last Modified: 20 Jun 2023 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item