Implikasi Pengajian kitab Dalil Al-Mahid Dalam Meningkatkan Pemahaman Haid dan Istihadah Santri Putra Pondok pesantren Darul Huda Ponorogo

Muiz, Mohammad Fatkhul (2023) Implikasi Pengajian kitab Dalil Al-Mahid Dalam Meningkatkan Pemahaman Haid dan Istihadah Santri Putra Pondok pesantren Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190160_MOHAMMAD FATKHUL MUIZ_PAI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muiz, Mohammad Fatkhul. 2023. Implikasi Pengajian Kitab Dali>l Al-Mahi<d{ Dalam Meningkatkan Pemahaman Haid Dan Istihadah Santri Putra Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing, Yusmichha Ulya Afif, M.Pd. I.

Kata Kunci: Implikasi Pengajian, Kitab Dali>l Al-Mah}i<d{, Pemahaman Haid Dan Istihadah
Sebagaimana perempuan, laki-laki juga mempunyai kewajiban yang sama dalam hal pemahaman tentang haid, nifas dan juga istihadah. Pemahaman tersebut, biasanya dapat dipelajari di madrasah diniyah, salah satunya pesantren. Dalam hal ini tentunya menjadi keresahan santri putra dalam hal memahami ilmu tersebut, sehingga mau-tidak mau harus mencari solusi dan alternatif agar dapat memahami ilmu tersebut, diantaranya adalah mempelajari kitab yang membahas tentang haid, nifas maupun istihadah, seperti; Risalah Al-Mah}i>d}, Da>lil al-Mah}i>d} ataupun kitab sejenis yang membahas seputar haid, nifas dan istihadhah. Dalam skripsi ini penulis membatasi pembahasan dengan hanya membahas seputar haid dan istihadah saja.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan kegiatan pembelajaran pengajian kitab Da>lil al-Mahi>d} di Pondok Pesantren Darul Huda Putra (2) Mendiskripsikan dampak santri putra dalam meningkatkan pemahaman Haid dan Istihadah melalui pengajian kitab Da>lil al-Mahi>d}.
Adapun jenis penelitian yang diambil dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan selebihnya adalah data tambahan. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas. Uji kreadibilitas dapat dilakukan dengan cara; perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan tringulasi. Teknis analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yakni mengemukakan tiga tahapan yang harus dikerjakan dalam menganalisis data penelitian kualitatif, yaitu: reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan kegiatan pengajian Kitab Da>lil al-Mahi>d} dilaksanakan atas keresahan Guru terhadap santri putra yang minim pemahaman haid dan istihadah, kemudian melalui program Pondok Ramadhan dengan diikuti 40 santri putra pengajian ini dapat terlaksana. Metode yang digunakan ceramah dan tanya jawab sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah buku atau catatan, papan tulis dan spidol. Dampak dari diadakannya pengajian Kitab Dalil al-Mahi>d ini adalah santri putra Pondok Pesantren Darul Huda menjadi paham mengenai persoalan-persoalan haid dan istihadah, hal ini ditandai dengan beberapa indikator diantaranya: santri putra memahami pengertian haid, macam-macam warna darah haid, larangan bagi orang haid, masa waktu orang haid sampai bagaimana cara bersuci orang haid, kemudian pemahaman mengenai istihadah beserta cara salatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:05
Last Modified: 20 Jun 2023 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item View Item