...(LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)...Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MIN 8 Magetan.

Nawawi, Hasna (2023) ...(LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI)...Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MIN 8 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190150-Hasna Nawawi-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasna, Nawawi 2023 Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 MIN 8 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.

Kata kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), media gambar, keterampilan membaca permulaan.
Keterampilan membaca merupakan kemampuan yang paling dasar dalam dunia pendidikan, karena membaca merupakan sebuah kunci pengetahuan. Permasalahan yang menghambat keterampilan membaca permulaan siswa, kurang mengusai huruf abjad, tidak dapat membedakan huruf abjad seperti huruf b dan d, f dan v, p dan q, dan pada saat membaca apa yang diucapkan siswa tidak sesuai dengan rangkaian huruf atau menghilangkan dan mengubah beberapa huruf abjad dalam bacaan, penggunaan metode yang kurang tepat. Ketepatan dalam pemilihan metode pembelajaran membaca yang sesuai dengan minat siswa menjadi poin yang sangat penting. Salah satunya yaitu penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media gambar pada siswa kelas 1 pada setiap siklus.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus berupa dua pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sebelum melakukan tindakan, seseorang harus mempersiapkan dan merencanakan dengan matang serta mampu mengukur keberhasilan dalam memecahkan masalah
Penelitian ini dilaksanakan di MIN 8 Magetan kelas 1 dengan jumlah siswa 18 orang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan metode SAS siswa kelas 1 MIN 8 Magetan telah meningkat keterampilan membaca permulaan pada siklus I dan siklus II, data awal persentase ketuntasan klasikal 33,3% atau 6 siswa dari 18 siswa, pada siklus I sebanyak 6 siswa yang telah mencapai KKM atau 44,44 % tuntas, pada diklus II telah terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau 88,88% tuntas. Dalam tindakan kelas selama 2 siklus terjadinya peningkatan dalam keterampilan membaca sebanyak 44,44%. Hal ini menunjukkan dari siklus I sampai siklus II rata-rata keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SAS di MIN 8 Magetan kelas 1 dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:04
Last Modified: 20 Jun 2023 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item