Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Kereta Malam Menuju Harlok Karya Maya Lestari GF dan Relevansinya dengan Buku Tematik Kelas 6 SD/MI

Windiani, Erika Cahya (2023) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Kereta Malam Menuju Harlok Karya Maya Lestari GF dan Relevansinya dengan Buku Tematik Kelas 6 SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180164_Erika Cahya Windiani_PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Windiani, Erika Cahya. 2023. Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Kereta Malam Menuju Harlok Karya Maya Lestari GF dan Relevansinya dengan Buku Tematik Kelas 6 SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Anak Kereta Malam Menuju Harlok, Buku Tematik.
Krisis karakter di usia anak-anak dan remaja menjadi problematika penting karena pengaruh era digital yang semakin berkembang, terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah. Kasus-kasus seperti mencontek, perundungan, bahkan tawuran kerap terjadi menunjukkan bukti rendahnya karakter. Penanaman pendidikan karakter diperlukan untuk meminimalkan tindakan-tindakan tersebut. Melalui budaya literasi, pemahaman nilai pendidikan karakter dapat diterapkan sejak dini agar menjadi kebiasaan. Salah satu media literasi yang relevan adalah karya sastra. Novel anak merupakan karya sastra yang dijadikan sarana menanamkan pemahaman nilai pendidikan karakter di usia anak-anak dan remaja. Novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF berisi nilai-nilai pendidikan karakter dan kisah inspiratif yang sesuai dengan perkembangan kepribadian anak khususnya di SD/MI.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF, dan (2) menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF dengan buku tematik kelas 6 SD/MI.
Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian ini, yang disusun menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data penelitian adalah novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF dan buku tematik kelas 6 SD/MI tema 2 “Persatuan dalam Perbedaan” oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya tahun 2018. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat empat belas nilai pendidikan karakter dalam novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF. (2) Relevansi nilai pendidikan karakter dalam novel anak Kereta Malam Menuju Harlok karya Maya Lestari GF dengan buku tematik kelas 6 SD/MI Tema 2 “Persatuan dan Perbedaan” yaitu adanya empat belas nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan Perpres RI No.87 tahun 2017 pasal 3 dan dapat diterapkan kepada peserta didik kelas 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Nilai pendidikan karakter tersebut antara lain religius, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:03
Last Modified: 20 Jun 2023 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item