PERENCANAAN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGUL (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO)

Fauzila, Noviana Dian (2023) PERENCANAAN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH UNGGUL (STUDI KASUS DI MAN 1 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190055_NOVIANA DIAN FAUZILA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fauzila, Noviana Dian. 2023. Perencanaan Strategik dalam
Pengembangan Madrasah Unggul (Studi Kasus di
MAN 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Athok Fuadi, M.Pd.
Kata Kunci: Perencanaan Strategi, Strategi Pengembangan
Madrsah Unggul.
Lembaga pendidikan merupakan salah satu sektor yang
terdampak akibar adanya era globalisasi. Era globalisasi
menuntut keunggulan kompetitif serta memiliki kualitas mutu
yang tinggi. Dalam rangka antisipasi kecenderungan masa
depan madrasah yang kan berkompetensi dengan lembaga lain,
maka manajemen madrasah harus ditata ulang. Berkaitan
dengan dengan dunia pendidikan, perencanaan strategis
berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan secara
efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
Perumusan rencana strategi dalam pengembangan madrasah
unggul di MAN 1 Ponorogo, (2) Pelaksanaan rencana strategi
dalam pengembangan madrasah unggul di MAN 1 Ponorogo,
(3) Faktor pendukung dan penghambat perencanaan strategi
dalam pengembangan madrasah unggul di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif dengan metode studi kasus dengan teknik
pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber data dan wawancara dalam penelitian ini
antara lain Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil
Kepala Madrasah BidangKesiswaan, Wakil Kepala Madrasah.Bidang Sarana Prasarana. Teknik analisis data dalam penelitian
dilakukan dengan tiga tahap yaitu, kondensasi data, penyajian

data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada
penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1)
perumusan rencana strategi dalam pengembangan madrasah
unggul, madrasah unggul menggunakan analisis SWOT
(Strenght, Weakness, Opportunities, Threats), untuk strength
(keunggulan) madrasah memiliki citra yang positif, madrasah
merupakan MA Plus Keterampilan, weakness ( kelemahan) ada
sarana dan prasarana yang belum ada, opportunities (peluang)
madrasah sanggup memenuhi permintaan masyarakat, ada
pendidikan life skill, threats (tantangan) minat peserta didik
menurun, kurang kepercayaan masyarakat terhadap lembaga
pendidikan. Dalam prose pengambilan keputusan dilakukan
dengan musyawarah. Untuk mempertahankan madrasah unggul
MAN 1 Ponorogo mengembangkan MA Plus Keterampilan. (2)
pelaksanaan dalam mempertahankan madrasah unggul, selain
program MA plus Keterampilan MAN 1 Ponorogo
mengembangkan program layanan SKS dan asrama/ma‟had.
Madrasah unggul di MAN 1 Ponorogi didasarkan pada 8
kriteria madrasah unggul. (3) faktor pendukung dan
penghambat perencanaan strategi dalm mengembangkan
madrasah unggul, faktor pendukung diantaranya yaitu warga
madrasah yang mendukung karena apa yang mereka butuhkan
ada di madrasah tersebut seperti pendidikan life skil, pelayanan
SKS, dan asrama, sedangkan untuk faktor penghambat
kurangnya koordinasi antar stakeholder, sarana prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 00:55
Last Modified: 20 Jun 2023 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24907

Actions (login required)

View Item View Item